Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Swiss menggelar pesta enam gol tanpa balas ke gawang Panama dalam laga persahabatan internasional yang berlangsung di Stadion Swissporarena, Lucerne, Swiss, Rabu dini hari WIB.

Gelandang serang klub Liga Jerman Hoffenheim, Steven Zuber, patut disebut sebagai pemain paling berjasa dalam kemenangan Swiss atas Panama kali ini. Sebab selain mencetak satu gol, Zuber juga mengirimkan assist untuk dua dari lima gol lain yang diperoleh Swiss di laga tersebut.

Swiss mengawali pesta gol mereka pada menit 22 ketika Blerim Dzemaili membuka keunggulan atas Panama lewat sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti menyambut umpan Mario Gavranovic.

Keunggulan itu berhasil digandakan pada menit 31 lewat eksekusi penalti bintang Arsenal, Granit Xhaka, sebelum dua meniot berselang Breel Embolo mengubah skor menjadi 3-0 untuk Swiss setelah tendangan kaki kirinya menyelesaikan bola kiriman Nico Elvedi.

Zuber memaksa penjaga gawang Jaime Penedo memungut bola dari dalam gawangnya untuk kali keempat di babak pertama, selepas tembakan kaki kiri gelandang Hoffenheim itu menemui sasaran pada menit 39.

Unggul empat gol di babak pertama tak menghentikan laju serangan Swiss di hadapan publik pendukungnya sendiri, sebab empat menit laga memasuki babak kedua Josip Drmic berhasil mencetak gol kelima Swiss memanfaatkan umpan dari Zuber.

Lantas pada menit 68 Swiss melengkapi kemenangan menjadi 6-0 atas Panama setelah pemain pengganti Fabian Frei menyelesaikan umpan Zuber.

Hasil itu membuat Swiss menutup rangkaian laga persahabatan dengan baik setelah sebelumnya mereka juga menang tipis 1-0 atas Yunani pada Minggu (25/3).

Baca juga: Salah cuma cadangan, Mesir kalah lagi

Sedangkan Panama tak memiliki bekal positif menyambut debut mereka di putaran final Piala Dunia 2018, lantaran tak sekalipun menang di dua laga persahabatan terakhir setelah sebelumnya mereka juga takluk 0-1 kala menyambangi Denmark.

Di Piala Dunia 2018, Panama tergabung di Grup G bersama Belgia, Tunisia dan Inggris, sedangkan Swiss bakal bersaing dengan Brasil, Kosta Rika dan Serbia di Grup E.

Susunan pemain Swiss vs Panama seturut laman resmi FIFA :
Swiss (4-2-3-1): Roman Buerki (PG); Michael Lang (Stephan Lichtsteiner), Johan Djourou, Nico Elvedi, Francois Moubandje; Gelson Fernandes (Fabian Frei), Granit Xhaka (Fabian Schaar); Breel Embolo (Remo Freuler), Blerim Dzemaili (Josip Drmic), Steven Zuber; Mario Gavranovic (Haris Seferovic)
Pelatih: Vladimir Petkovic

Panama (3-4-3): Jaime Penedo (PG); Adolfo Machado, Roman Torres (Roberto Nurse), Harold Cummings; Michael Murillo (Alberto Quintero), Gabriel Gomez, Anibal Godoy, Luis Ovalle; Miguel Camargo (Edgar Yoel Barcenas), Gabriel Torres, Ricardo Avila (Armando Cooper)
Pelatih: Hernan Dario Gomez 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018