Roma (ANTARA News) - Klub ibu kota Italia, AS Roma, akhirnya mengungkapkan dua alasan mengapa pihaknya melepas penyerang sayap lincah, Mohamed Salah, yang kini menjadi salah satu bintang paling bersinar di Liga Inggris bersama Liverpool.

Setelah direktur sepak bola Roma Ramon 'Monchi' Rodriguez melepasnya ke Liverpool senilai 42 juta euro, nilai Salah pun meroket jauh menjadi 162,8 juta euro.

Salah membukukan 28 gol dalam 30 pertandingan Liga Inggris musim ini, atau menjadi yang terbanyak dalam lima liga top di Eropa.

Torehan gol Salah hampir dua kali lipat dari pencapaian 15 gol selama berseragam Serigala Roma pada musim lalu. Secara keseluruhan ia mencetak 36 gol dalam 40 pertandingan di semua kompetisi sejak bergabung dengan Liverpool.

"Soal Salah, ada dua hal penting yang harus dipahami," kata Monchi di di Roma, Rabu.

Baca: Cristiano Ronaldo harapkan Salah gabung ke Real Madrid

"Pertama, Salah dijual sebelum dampak Neymar yang merevolusi pasar. Kedua, kami memiliki kebutuhan untuk menjual Salah sebelum 30 Juni," katanya.

Roma terpaksa melego Salah demi menyeimbangkan neraca keuangan dan menghindari defisit berdasarkan peraturan Financial Fair Play UEFA.

"Siapa pun yang mengerti sedikit bisnis ini, tahu bahwa itu seperti pedang yang mengarah ke leher Anda," kata Monchi. "Jadi dengan mempertimbangkan kedua kondisi ini, saya pikir kami membuat penjualan yang cukup besar."

Dalam beberapa bulan belakangan, transfer pesepakbola berjalan di luar kendali saat Neymar meninggalkan Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan rekor dunia 222 juta euro.

Kylian Mbappe juga hengkang dari Monaco ke PSG dalam kesepakatan yang bisa mencapai 145 juta euro, diikuti kepindahan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund ke Barcelona senilai 100 juta euro.

Kemudian pada Januari lalu, Liverpool mengirim Philippe Coutinho ke Barcelona dengan nilai yang dilaporkan melebihi 100 juta euro.

Adapun nilai Salah saat ini diperkirakan mencapai 162,8 juta euro, menurut Observatorium CIES Football, demikian ESPN.

Baca: Mohamed Salah setara dengan Luis Suarez
Baca: Salah yakin Liverpool juara Liga Inggris musim depan

 

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018