Shanghai (ANTARA News) - Kawasan Perdagangan Bebas Shanghai telah menyumbang 25 persen produk domestik bruto (PDB) untuk Pemerintah Kota Shanghai, China, sejak dibangun pada 2013.

Director General Bureau of External Communication Chian Shanghai Pilot Free Trade Zone Administration Wang Ying dalam diskusi di Shanghai, Jumat, menyebutkan kawasan tersebut menempati satu per 10 area Pudong dan menyumbang tiga per empat PDB Pudong, sementara itu juga menempati satu per 50 kawasan Shanghai dan menyumbang seperempat PDB Shanghai.

"Terhitung hingga 2017, terdapat 52.000 perusahaan yang berada di kawasan ini dibandingkan 20 tahun sebelum adanya kawasan perdagangan bebas yang hanya 8.553 perusahaan," katanya.

Sementara itu, dia menyebutkan, outbound investment dari kawasan perdagangan bebas Shanghai mencapai 59,2 juta dolar AS per Desember 2017.

Pencapaian tersebut, lanjut dia, hanya dibutuhkan waktu sampai lima tahun sejak dibangun pada 29 September 2013.

Wang menjelaskan salah satu terobosan yang dilakukan untuk menstimulus investasi, yaitu penyederhanaan peraturan dan dukungan yang penuh dari pemerintah pusat.

"Kami melakukan beberapa inovasi dalam peraturan perdagangan, salah satunya single window dalam perdagangan internasional Shanghai," katanya.

Ia juga menerapkan kendali yang longgar di wilayah terdepan, namun pengawasan yang efektif dan efisien di seluruh perbatasan kawasan perdagangan bebas serta pengawasan berdasarkan status barang.

"Pada dasarnya kami menerapkan standar perdagangan internasional yang tinggi, tetapi dengan memberikan pelayanan yang membuat nyaman," katanya.

Kawasan Perdagangan Bebas Shanghai awalnya hanya memiliki empat kawasan pada 2013, namun kembali dibangun tiga kawasan pada 2015.

Saat ini luas wilayah kawasan tersebut adalah 120,72 kilometer persegi dari 28,78 kilometer persegi.

Zona tersebut dibagi menjadi empat kawasan berikat di Shanghai, yaitu Waigao-qiao Freee Trade Zone, Waigao-qiao Free Trade Logistic Park, Yangshan Free Trade Port Area dan Pudong Airport Comprehensive Free Trade Zone, termasuk Export-Processing Zone, Zhangjiang Hi-Tech Park dan Lujiazui Financial and Trade Zone.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018