Jakarta (ANTARA News) - Simak lima berita kemarin yang masih laik dibaca hari ini.

Round Up - Bom meledak di tiga lokasi Surabaya

Kepolisian Daerah Jawa Timur menyatakan ada tiga serangan bom di tiga gereja yang ada di Surabaya, Jawa Timur, Minggu pagi. "Kejadian bom ada di tiga lokasi. Di Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel, GKI Jalan Diponegoro, dan Gereja Jalan Arjuna," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera.

Pelaku pengeboman tiga gereja Surabaya diduga satu keluarga

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan pelaku bom di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5), diduga kuat adalah satu keluarga.

"Tim sudah bisa mengidentifikasi pelaku. Pelaku diduga satu keluarga yang melakukan serangan. Seperti di Gereja Pantekosta di Jalan Arjuno yang menggunakan mobil Avanza diduga adalah bapaknya bernama Dita Prianto," kata Kapolri saat merilis peristiwa itu di Rumah Sakit Bhayangkara Mapolda Jatim.

Tito melanjutkan, sebelum melakukan aksi di Gereja Pantekosta, pelaku terlebih dahulu menurunkan istri yang bernama Puji Kuswati dan dua anak perempuan bernama Fadila Sari (12) dan Pamela Riskita (9). Sementara pelaku di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela adalah dua orang laki-laki yang diduga anak Dita.


Negara jamin biaya perawatan korban bom Surabaya

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa negara akan menjamin biaya pengobatan dan perawatan para korban ledakan bom di tiga gereja di Surabaya.

"Negara, pemerintah menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan para korban," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumpa pers di Surabaya, Minggu.

Pernyataan Presiden disampaikan setelah ia menjenguk para korban luka akibat serangkaian bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya yang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya.

Tagar "SurabayaMelawan" hingga pernyataan Presiden Jokowi

Ledakan bom yang terjadi di tiga lokasi di wilayah Surabaya, Jawa Timur, Minggu pagi membuat warga Kota Pahlawan itu ramai membuat tanda pagar (tagar) atau "Hastag" dengan kata #SuraboyoWani di beberapa akun media sosialnya.

Hastag lainnya, seperti #Surabayaaman, #Kamitidaktakut, #SurabayaMelawan hingga #TerorisJancuk juga banyak menghiasi beberapa layar media sosial seperti twitter, Instagram, hingga Facebook milik warga, sebagai simbol pembuktikan perlawanan masyarakat Surabaya kepada teroris di dunia maya.


Ledakan susulan terdengar di Rusunawa Sidoarjo

Beberapa kali ledakan kembali terdengar dalam lingkungan rumah susun sewa (rusunawa) di Wonocolo, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur setelah sebelumnya ada ledakan yang mengakibatkan tiga orang mengalami luka-luka, Minggu malam.

Akibat ledakan ini, petugas kepolisian bersama dengan anggota TNI Kodim 0816 Sidoarjo memperketat penjagaan yang ada dalam lingkungan rumah susun di Wonocolo, Taman, Sidoarjo menyusul terjadinya ledakan dari salah satu ruangan kamar yang ada di rumah susun setempat.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018