Jakarta (ANTARA News) - Turnamen bulu tangkis Indonesia Terbuka pada 3-8 Juli 2018 dipastikan menjadi kompetisi perorangan tepok bulu dengan hadiah yang terbesar untuk tahun ini yang memiliki hadiah total 1,25 juta dolar AS atau sekitar Rp17,5 miliar.

"Ada yang berbeda dari turnamen ini, tahun lalu kami berada di level Super Series dan tahun ini kita beruntung menjadi satu di antara tiga penyelenggara turnamen tertinggi Super 1000 bersama All England dan China Terbuka dan dengan masuknya Blibli menjadi sponsor kita juga harus berbangga Indonesia Terbuka menjadi turnamen hadiah terbesar, " kata Ketua Panitia Pelaksana Achmad Budiharto saat konferensi pers Indonesia Terbuka, Jakarta, Senin.

Peningkatan level dan hadiah besar bagi turnamen ini juga, kata Budiharto, diikuti juga dengan perubahan sistem pertandingan yang mulai tahun 2018 ini ditentukan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) bahwa tidak ada babak kualifikasi sehingga setiap peserta langsung berlaga di babak 32 besar.

"Dengan sistem baru ini persaingan dipastikan semakin sengit karena peserta yang bermain adalah mereka yang masuk dalam peringkat 32 besar dan wajib bagi peringkat 10 besar dunia sehingga menjadikan Indonesia Terbuka 2018 ini semakin eksklusif dan bergengsi," ujar Budiharto yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) ini.

Baca juga: PBSI janjikan Piala Thomas sebagai hadiah HUT ke-67

Baca juga: PBSI bangga capaian ganda campuran di All England, tapi...

Baca juga: Indonesia beri masukan soal aturan servis bulutangkis


Dengan menjadi sponsor utama yang dibantu Bakti Olahraga Djarum Foundation, pihak Blibli mengaku bangga bisa mendapatkan kesempatan itu yang sekaligus menegaskan konsistensi dalam mendukung salah satu olahraga terpopuler Indonesia ini.

"Ini menegaskan komitmen dukungan kami mulai dari mendukung para atlet nasional, kompetisi antar perguruan tinggi, berbagai kejuaraan nasional dan internasional seperti kejuaraan dunia junior, kejuaraan junior Asia U17 dan U15 Junior, kejuaraan dunia bulutangkis di Jakarta serta kejuaraan Indonesia Masters," kata CEO Blibli.com, Kusumo Martanto.

Dengan keikutsertaan Blibli sebagai sponsor utama yang dibantu Bakti Olahraga Djarum Foundation ini, mendapat apresiasi dari Ketua Umum PBSI Wiranto yang menyatakan pihaknya tidak bisa berdiri sendiri dalam memajukan bulu tangkis

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi Blibli.com dan didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation yang konsisten menunjukkan kepeduliannya terhadap olahraga bulutangkis yang memang PBSI tidak bisa berjuang sendiri untuk memajukan olahraga ini. Semoga turnamen ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan persiapan pemain kita dalam menghadapi Asian Games 2018 nanti," ujar Menko Polhukam itu.

Dalam gelaran Indonesia Terbuka 2017 lalu, Indonesia hanya mendapatkan satu gelar melalui pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang rencananya akan turut hadir di turnamen tersebut untuk 2018 ini.

Seluruh pertadingan Indonesia Terbuka ini sendiri akan disiarkan secara live streaming melalui laman web www.djarumbadminton.com, sementara tayangan di televisi akan dimulai pada hari kedua turnamen.

Terkait dengan tiket pertandingan, para penggemar bulu tangkis bisa membei tiket Indonesia Terbuka 2018 secara dalam jaringan melalui laman Blibli.com dan Tiket.com mulai 17 Mei 2018 dan penjualan di tempat akan mulai pada tanggal 3 Juli 2018 mendatang.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018