Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket putri Indonesia untuk Asian Games 2018 akan mengikuti turnamen "segi empat" sebagai bagian dari persiapan menuju Asian Games 2018.

"Turnamen diadakan pada tanggal 1-3 Juni 2018 sebelum libur Lebaran," kata pelatih timnas putri Arif Gunarto ketika dihubungi dari Jakarta, Senin.

Menurut pelatih yang juga akrab disapa Njoo Lie Fan itu, pertandingan yang akan digelar di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa barat tersebut berguna untuk mempertajam kemampuan anak-anak asuhnya menjalankan sistem permainan yang sudah dilatih.

Akan tetapi, Arif belum bisa memberitahukan tim mana yang akan menjadi lawan dari timnas putri Indonesia.

"Kami masih menunggu dari manajer. Yang pasti melibatkan tim putra kelompuk umur U-17," kata dia.

Pertandingan-pertandingan uji coba menjadi "senjata" untuk mempertajam mental dan kemampuan bertanding para pemain timnas putri.

Dalam kesempatan tersebut mereka menerapkan sistem dan strategi yang diberikan pelatih dalam pemusatan latihan (TC).

TC timnas bola basket putri untuk Asian Games 2018 sendiri sudah digelar dalam dua tahap. TC pertama berlangsung pada awal Januari 2018 dan diikuti 23 pemain.

Sementara di TC terkini yang digelar sejak 23 April 2018 di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat, ada 16 pemain yang berpartisipasi yaitu Priscilla Annabel, Tiara Aulia Denaya, Helena Maria, Dora Lovita, Henny Sutjiono, Vonny Hantoro, Christine Aldora Tjundawan, Adelaide Callista, Clarita Antonio, Natasha Debby Christaline, Ivonne Febriani Sinatra, Dyah Lestari, Gabriel Sophia, Nathania Claresta, Kadek Pratita Citta Dewi dan Putu Eka Liana.

Di TC kedua, sebelumnya mereka telah melakoni beberapa laga uji coba melawan tim putra dari kelompok umur U-17, salah satunya GMC U-17 putra.

TC ini sendiri dijadwalkan berlangsung hingga Lebaran, di mana para pemain akan diliburkan sebelum TC berlanjut ke Korea Selatan.

Baca juga: Perbasi kantongi 10 calon pemain naturalisasi U-16

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018