Jakarta (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengikat kerjasama dengan produsen perlengkapan olahraga asal China, Li-Ning untuk menjadi mitra resmi pendukung pakaian seluruh kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018.

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih pada Li-Ning atas komitmennya mendukung atlet-atlet nasional yang akan bertanding membawa nama Indonesia. Melalui dukungan Ini tentunya diharapkan tim Indonesia kian mematangkan persiapannya dan dapat memberikan hasil terbaik untuk negeri ini," kata Ketua Umum KOI Erick Thohir dalam acara acara penandatanganan kerjasama di kawasan Senayan, Jakarta, Senin.

Erick menuturkan tujuan besar dari kerjasama ini, adalah demi menyeragamkan kontingen Indonesia dari semua cabang olahraga dalam satu warna yakni Merah Putih yang saat ini masih memiliki kesan terkotak-kotak.

"Kita harus melihat dalam beberapa kali kejuaraan multi cabang, kita masih 'belang-belang' ada yang merah putih, hijau, ungu nah sekarang kami berinisiatif untuk menyeragamkan. Karena negara-negara lain juga semuanya seragam, warnanya semuanya sama, karena ini kan membawa nama negara kita ingin kasih lihat kita satu," kata Erick.

Kerjasama dengan Li-Ning ini, merupakan kemitraan dalam pengadaan pakaian yang dikenakan atlet saat Asian Games meliputi topi, setelan pertandingan, jaket, tas, sepatu dan pakaian latihan.

"Kesepakatan ini untuk semua cabang olahraga dan untuk cabang olahraga yang tidak bisa diprovide oleh Li-Ning, cabang olahraga tersebt bisa memakai yang lain tapi dengan desain khusus yang seragam dengan tim Indonesia," ujar Erick.

Untuk pemilihan Li-Ning sendiri, tambah Erick, karena pihaknya memilih yang paling sesuai dengan kualitas terbaik dan sanggup menyediakan dengan jumlah yang ditentukan oleh KOI.

"Kami ingin memberi yang terbaik, dan Li-Ning menyanggupi syarat kita yakni menyediakan sejumlah 1.250 paket termasuk untuk ofisial dan lainnya. Yang penting pesannya kami ingin membuat semuanya satu, tidak belang-belang," kata Erick menambahkan.

Sementara itu, Managing DIrector Sunlight Sports (distributor Li-Ning di Asia-Pasifik), Mahender Kapoor, mengatakan pihaknya sangat berbangga hati bisa mendukung Indonesia dalam ajang terakbar se-Asia tersebut.

"Li-Ning bangga bisa mendukung tim Indonesia untuk di Asian Games 2018 dan berharap bisa memberikan lebih banyak atlet Indonesia kesempatan besar untuk menggunakan pakaian berkualitas terbaik dan memotivasi mereka menjadi yang terbaik," ujar Kapoor di lokasi yang sama.

Li-Ning selain menjadi penyedia "apparel" resmi tim Indonesia, merupakan mitra kontingen India selama Olimpiade Rio de Janeiro 2016; tim nasional bulu tangkis Indonesia, China, Singapura dan Australia; asosiasi bola basket Singapura dan China; liga bola basket Asia; tim tenis meja China dan lainnya.

Selain itu, mereka juga menjadi sponsor perorangan untuk Dwyane Wade, Evan Turner, Udonis Haslem, CJ McCollum (bola basket NBA); Chen Long, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan (bulu tangkis) dan atlet lainnya dari berbagai cabang olahraga. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018