London, (ANTARA News) - Manchester United menderita kekalahan 0-1 dari klub Championship (divisi dua) Derby County dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Pride Park, Rabu.

Kris Commons mencetak satu-satunya gol saat pertandingan sudah berlangsung setengah jam dan Derby seharusnya bisa membawa keunggulan dua gol saat bertanding pada leg kedua di Old Trafford dua pekan ke depan seandainya Rob Hulse tidak menyia-nyiakan peluang bagus menjelang pertandingan berakhir, demikian diwartakan Reuters.

Manajer United Alex Ferguson menurunkan tim di bawah kekuatan biasanya namun memasukkan Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo menjelang akhir dan Ronaldo hampir menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas khasnya yang menyenggol gawang.

Hingga saat itu juara Liga Utama Inggris tersebut jarang menguji mantan kiper mereka Roy Carroll di bawah gawang Derby.

Derby, yang terdegradasi dari papan atas musim lalu dengan rekor total poin rendah dan merana di posisi ke-18 dalam Championship, mendapati manajer baru mereka Nigel Clough menyaksikan di tribun saat ia bersiap untuk tugas pertamanya.

Clough, yang dipastikan menjadi manajer baru klub tersebut pada Selasa, dipastikan terkesan dengan semangat dan organisasi Derby --yang sepenuhnya pantas unggul pada leg pertama.

United tampil di bawah tekanan sejak awal, dengan Jonny Evans terpaksa menepis satu usaha keluar garis. Andy Todd kemudian memanfaatkan peluang bagus dengan mengangkat bola melewati mistar gawang.

Usaha tim tuan rumah terbayar ketika Commons melaju menuju ruang di wilayah United dan maju untuk menembakkan bola melewati Tomasz Kuszczak dari jarak 25 meter.
    United, yang menjamu Chelsea dalam Liga Premier akhir pekan ini,
takluk sepanjang pertandingan, meskipun mereka akan mengawali leg kedua sebagai tim yang difavoritkan mencapai final.
    Pemegang gelar Tottenham Hotspur menundukkan tim Championship Burnley 4-1 di kandang sendiri dalam pertandingan leg pertama semifinal mereka, Selasa.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009