Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi V DPR Lasarus menyatakan pemerintah siap dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini dan diharapkan agar kesiapan ini terus berlanjut hingga arus balik mendatang.

"Kami melihat dari tahun ke tahun terjadi perbaikan, bahkan signifikan sekali karena ada perbaikan di sektor infrastruktur," kata Lasarus dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Politisi PDIP itu juga menilai bahwa dari berbagai penjelasan yang disampaikan dalam rapat kerja, berbagai pemangku kepentingan dinilai telah siap menyambut arus mudik.

Namun dia mengingatkan karena ruas tol yang akan difungsikan bertambah maka arus lalu lintar harus dibuat semakin lancar dengan angka kecelakaan yang juga ditekan.

Komisi V DPR, lanjutnya, juga menginginkan agar kualitas pelayanan tempat peristirahatan dapat ditingkatkan, serta juga pelayanan tarif di berbagai moda transportasi Nusantara agar dapat diawasi.

Sebelumnya, PKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai, kesiapan jalur mudik 2018 lebih baik dibanding 2017 karena tersedia tiga pilihan rute jalan nasional.

Selain itu, jalur mudik 2018 juga didukung oleh tersambungnya jalan tol Jakarta-Surabaya baik secara operasional maupun fungsional.

Baca juga: KAI Cirebon prediksi puncak angkutan lebaran Rabu
 

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018