Tasikmalaya (ANTARA News) - PT Pertamina mengimbau pemudik agar melepaskan regulator tabung gas untuk mengantisipasi bahaya kebocoran gas saat meninggalkan rumah karena pulang kampung dalam jangka waktu yang lama.

"Misalkan jika akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, jangan lupa melepas regulator untuk mencegah adanya kebocoran," kata Unit Manager Communication dan CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati kepada wartawan di Tasikmalaya, Senin.

Ia menuturkan, masyarakat harus mencegah bahaya kebocoran gas di rumah dengan terlebih dahulu memperhatikan kondisi gas sebelum mudik, bila akan ditinggalkan lama sebaiknya regulator tabung gas dilepas.

Sedangkan masyarakat yang tetap beraktivitas memasak, kata dia, sebaiknya memerhatikan kondisi kelayakan peralatan kompor gas, dan tempat memasak yang memiliki ventilasi cukup.

"Kondisi ruangan memasak harus dengan ventilasi cukup dan tidak ada bunyi mendesis ataupun bau khas LPG yang tercium," katanya.

Ia menambahkan, jika masyarakat merasa kesulitan mendapatkan gas atau kendala kebutuhan bahan bakar minyak selama masa libur lebaran maka masyarakat dapat menghubungi Pertamina di nomor telepon 1500000.

Ia menyampaikan, Pertamina berkoordinasi dengan Himpunan Wirasawasta Nasional Minyak dan Gas, Kepolisian dan Dinas Perdagangan setempat untuk memastikan distribusi saat puasa dan lebaran berjalan aman.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018