Kupang, NTT (ANTARA News) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Badan SAR Nasional) di Kupang, mensiagakan Kapal SAR 233 Antareja di Pelabuhan Tenau, Kupang, untuk mengantisipasi kecelakaan laut selama arus mudik 2018 di Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah siagakan Kapal Antareja di Pelabuhan Tenau. Kapal penyelamat milik Basarnas Kupang itu sudah dalam kondisi siaga melakukan operasi penyelamatan apabila ada kecelakaan laut dialami pemudik selama arus mudik berlangsung," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Abram Kolimon, di Kupang, Rabu.

Kapal penyelamat Badan SAR Nasional didukung 11 orang anggota yang sudah terlatih dalam operasi penyelamatan di laut dalam kondisi siap digerakan ke lokasi kejadian apabila terjadi kecelakaan laut dialami pemudik.

KM Antareja kata dia, mampu beroperasi hingga wilayah Perairan Pulau Timor, Sumba, Alor serta Rote.

"Posko Badan SAR Nasional terus memantau setiap pergerakan kapal penumpang yang mengangkut para pemudik ke daerah di NTT. Pemantauan Badan SAR Nasional mulai dari kapal berangkat sampai kapal tiba di tempat tujuan," kata 

Selain menyiapkan KM Antareja, Badan SAR Nasional di Kupang juga menyiagakan sejumlah fasilitas operasi seperti perahu penolong 308 didukung 10 anggota Badan SAR Nasional dengan lokasi pemantauan di perairan Tenau, Perairan Kupang serta perairan Tablolong.

Pewarta: Benediktus Jahang
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018