Maputo, Mozambik (ANTARA News) - Kementerian Kesehatan Mozambik baru-baru ini menyampaikan keprihatinan yang mendalam karena lebih dari lima juta orang di negeri itu saat ini menderita penyakit kronis yang tidak menular.

Menteri Kesehatan Nazir Abdula mengatakan kepada wartawan bahwa perubahan iklim dan kondisi sosial menjadi alasan di balik tingginya kasus tersebut, kata Lembaga Kesehatan Nasional di dalam satu laporan yang menyimpulkan bahwa kondisi itu mengkhawatirkan.

"Ini adalah momen untuk refleksi gabungan pada strategi multi-sektoral dan pendekatan inovatif guna menjamin kualitas dan pencegahan yang berkelanjutan terhadap trauma dan penyakit kronis yang tak menyebar," kata menteri tersebut.

Menteri itu mengatakan penanaman modal bagi pencegahan penyakit tersebut adalah salah satu strategi untuk mencapai Sasaran Pembangunan Berkelanjutan di bidang kesehatan dan memerangi kemiskinan.

"Jumlah penyakit ini telah mencatat peningkatan yang setara dengan peningkatan harapan hidup. Penyakit kronis menyebar sebab negeri tersebut punya lebih banyak daerah kota," kata Direktur Lembaga Kesehatan Nasional Ana Cumbe.

Lembaga kesehatan di Mozambik menyatakan akan menciptakan satu kelompok konsultasi atau landasan yang membantu dalam perancangan kebijakan untuk menangani penyakit itu dengan dasar bukti ilmiah.
 

Pewarta: Chaidar Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018