Jakarta (ANTARA News) - Setelah puas menyantap lezatnya hidangan hari raya yang tidak jarang mengandung banyak lemak jenuh, liburan pasca Idul Fitri pas sekali dimanfaatkan untuk kembali bugar dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin. 

Seperti yang diakui oleh Ibnu Jamil, selebritas yang menekuni gaya hidup sehat, selain karena tuntutan karier, memiliki postur tubuh yang ideal pun tentunya akan menjadi nilai tambah dalam keseharian dan pergaulan.

“Memang berat tubuh saya sempat menyusut selama berpuasa sebulan penuh, dan sempat makan banyak makanan kaya lemak saat Lebaran. Saat ini setelah Lebaran usai, tentunya saya ingin mengembalikan tubuh ke bentuk semula," kata Ibnu dalam keterangan pers.

"Menjaga pola makan, berolahraga teratur walau di lokasi syuting dan mengonsumsi suplemen tambahan menjadi prioritas utama saya untuk kembali tampil maksimal," imbuh dia.

Sarapan sehat
Buah merupakan santapan yang ringan dan aman bagi perut terlebih dikonsumsi pagi hari karena akan membantu untuk membersihkan sisa makan selama pembakaran dan racun yang terbentuk pada malam hari. Selain itu, mengonsumsi buah seperti apel, jeruk dan melon yang memiliki glikemik rendah dan kaya karbohidrat akan menunjang energi yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari. 

Dengan mengonsumsi buah di pagi hari akan sangat membantu mengurangi hasrat ngemil hidangan manis dan membantu menurunkan berat badan. Selain dimakan langsung, konsumsi buah dalam bentuk jus segar tanpa gula juga sangat disarankan.

Olahraga
Selain rutin berolaharaga kardio dan high intensity training untuk membakar lemak dan membentuk tubuh, melakukan jenis olahraga dengan variasi lainnya juga dapat menambah semangat dan menghindari jenuh. Variasi olahraga alternatif untuk memperbaiki kardiovaskular seperti lari dan bersepeda di luar ruangan juga dapat menjadi pilihan. 

Pilih sepatu yang sesuai
Menggunakan sepatu dan busana yang sesuai akan membuat Anda menikmati kegiatan berolahraga. Sepatu yang nyaman dan apparel dengan bahan berkualitas, ringan dan mampu menyerap keringat dengan baik akan memudahkan setiap gerakan olahraga sehingga memaksimalkan proses pembakaran lemak dan pembentukan otot. Bagi Ibnu Jamil yang suka berlari, memilih sepatu fitur karet di bagian telapak kaki, khususnya tumit sangat penting. 

Vitamin
Kekurangan multivitamin dapat menyebabakan kinerja tubuh kurang optimal. Tunjang asupan makanan dengan multivitamin yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk stamina tubuh. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018