Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Uruguay berhasil membuktikan diri sebagai raja Grup A Piala Dunia 2018 usai mengalahkan tuan rumah Rusia 3-0 dalam laga yang diwarnai kartu merah dan gol bunuh diri di Stadion Samara Arena, Samara, Rusia, Senin.

Setelah gol pembuka dari Luis Suarez saat laga baru memasuki 10 menit, suporter tuan rumah kembali harus menelan kekecewaan ketika sepakan Diego Laxalt yang berupaya dihalau Denis Cheryshev malah membuat bola berbelok arah dan mengecoh penjaga gawang Igor Akinfeev pada menit 23.

Kekecewaan kian bertumpuk pada menit 36 ketika bek kanan Rusia, Igor Smolnikov, melakukan jegalan dari belakang terhadap Laxalt yang berujung kartu kuning kedua dari wasit Malang Diedhiou sehingga tuan rumah harus menyelesaikan pertandingan hanya dengan 10 pemain di atas lapangan.

Tertinggal jumlah pemain dan ketinggalan dua gol tak menyurutkan upaya Rusia untuk menggedor pertahanan Uruguay, nahas bagi mereka Edinson Cavani justru membuka lumbung golnya di Piala Dunia 2018 lewat sambaran di hadapan gawang tepat pada pengujung waktu normal babak kedua.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup A, Uruguay jawara Rusia kedua

Hasil itu membuat Uruguay menyelesaikan fase penyisihan dengan memuncaki klasemen akhir Grup A berbekal raihan sembilan poin, sementara Rusia di urutan kedua dengan enam poin.

Keduanya akan mengarungi putaran 16 besar yang dijadwalkan bermula pada Sabtu (30/6) mendatang.

Uruguay akan menghadapi peringkat kedua Grup B, Rusia melawan jawara Grup B. Tiga tim di grup tersebut masih akan menekuni nasibnya untuk kelolosan ke putaran 16 besar yakni Spanyol, Portugal dan Iran, yang sama-sama akan berlaga pada Selasa (26/6) dini hari WIB.

Berikut galeri foto sejumlah momen di laga Uruguay vs Rusia.
Penjaga gawang tim nasional Rusia Igor Akinfeev gagal menjangkau bola tendangan bebas penyerang Suarez. (AFP/Manan VATSYAYANA)
Para pemain tim nasional Uruguay merayakan gol Suarez (tengah). (REUTERS/Michael DALDER)
Akinfeev kembali kebobolan setelah bola tendangan Laxalt yang berusaha dihalau Cheryshev malah mengubah laju bola dan sang kiper terkecoh.(AFP/Manan VATSYAYANA)
 
Laxalt (tengah) merayakan golnya bersama rekan-rekannya. (AFP/Emmanuel DUNAND)
Suarez (kiri) turut meluapkan kegembiraan atas gol Laxalt sementara Akinfeev terduduk menyandar tiang gawang. (AFP/Manan VATSYAYANA)
 
Penyerang Rusia Artem Dzyuba (kiri) berebut bola dengan pemain belakang Uruguay, Sebastian Coates. (AFP/Emmanuel DUNAND)
 

Cavani (kanan dalam) mencetak gol ketiga Uruguay. (AFP/Manan VATSYAYANA)
Cavani ditemani sang kapten, Diego Godin (kanan) meluapkan kegembiraan atas golnya. (AFP/Fabrice COFFRINI)



 

Pewarta: ANTARA News
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018