Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang mengirimkan hampir seluruh kekuatan utama pemain pelatnas Cipayung ke turnamen Malaysia Terbuka 2018, menargetkan satu gelar.

Target satu gelar dari federasi itu, kemungkinan terbesar datang dari pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan tak menutup kemungkinan  duet ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang kembali naik podium juara walau kejutan juga diharapkan datang dari para tunggal putra muda seperti Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

"Target tim Indonesia di Malaysia Terbuka ini adalah satu gelar. Gelar bisa dari siapa saja, termasuk Marcus/Kevin, yang penting bisa masuk target satu gelar dulu. Semoga ada kejutan dari pemain-pemain muda kita," tutur Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti dalam pernyataanya yang diterima di Jakarta, Senin malam (25/6).

Persiapan tim pelatnas terpusat yang sempat jeda karena libur lebaran 2018, diakui Susy, tidak akan mengganggu karena federasi yakin atas disiplin pemain-pemainnya.

"Meskipun kemarin ada libur, tetapi sesi latihan dan persiapan tetap berjalan lancar. Para atlet tetap dapat program persiapan dari pelatih masing-masing, bahkan untuk yang latihan di rumah. Jadi saya rasa mereka tetap bisa menjaga stamina dan kondisi jelang pertandingan," ujar Susy.

Dalam turnamen yang ada di level Super 750 yang akan dimainkan di Axiata Arena pada 26 Juni -1 Juli 2018 mendatang, Indonesia turun dengan kekuatan penuh termasuk pasangan juara bertahan, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang kini masih menduduki tahta nomor satu ganda putra dunia.

Akan tetapi, di nomor tersebut Marcus/Kevin tak sendirian, PBSI menurunkan pasangan-pasangan terbaiknya seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta Berry Angriawan/Hardianto.

Di ganda campuran ada pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Annisa Saufika.

Pasangan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris menjadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia yang turun di kejuaraan ini.

Di tunggal putra, tiga wakil yang akan bertarung adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto.

Sedangkan di tunggal putri hanya ada dua wakil yang akan turun yaitu Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung. Keduanya pun sudah harus berhadapan dengan para unggulan di putaran pertama.

Fitriani harus berhadapan dengan Sung Jo Hyun, unggulan ketujuh dari Korea. Sedangkan Gregoria ditunggu unggulan keenam dari Spanyol, Carolina Marin.

Pertandingan putaran pertama Malaysia Terbuka 2018 sendiri akan dimulai Selasa (26/6), mulai pukul 14:00 waktu Kuala Lumpur. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018