Jakarta (ANTARA News) - Keikutsertaan tim nasional Peru dalam putaran final Piala Dunia 2018 merupakan penuntasan rindu dalam 36 tahun lamanya, setelah terakhir kali mereka ambil bagian di edisi 1982.

Langkah Peru di Rusia memang terhenti fase penyisihan grup saja sejak menelan dua kekalahan beruntun, namun pada laga pamungkas penyisihan Grup C melawan Australia ada rindu lain yang dituntaskan.

Menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 2-0 atas Australia, Peru menuntaskan kerinduan akan kemenangan dalam sebuah laga putaran final Piala Dunia yang berjarak empat dasawarsa lamanya.

Sebelum laga kontra Australia, Peru terakhir kali mereguk kemenangan pada putaran pertama Piala Dunia 1978 ketika menaklukkan Iran 4-1 lewat gol Jose Velazquez yang dilengkapi trigol Teofilo Cubillas, dua nama bertabur pujian dalam sejarah sepakbola Peru.

Bahkan, Cubillas pernah dipilih oleh legenda sepak bola Brazil Pele dalam daftar 125 pemain terbaik sepanjang masa pada 2004 silam.

Baca juga: Peru kalahkan Australia namun kedua tim tersingkir

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup C, Prancis pertama Denmark kedua


Dahaga empat dasawarsa yang dirasakan Peru itu kini terpuaskan sudah, lewat gol-gol yang dicetak Andre Carrillo dan Paolo Guerrero. 

Dua gol yang tak mampu dibalas Australia. Dua gol yang menjadi pengantar kepulangan penuh kenangan dengan kepala tegak bagi La Blanquirroja.

Berikut adalah kemenangan berjarak empat dasawarsa Peru dalam galeri foto.
Para pemain timnas Peru berfoto jelang laga. (AFP/Odd ANDERSEN)
 
Penjaga gawang Australia Mathew Ryan berusaha menyelamatkan bola namun tendangan pemain Peru Andre Carrillo tak terjangkau dan berbuah gol pembuka. (AFP/Nelson Almeida)
 
Sudut pandang lain kegagalan Ryan menyelamatkan tendangan Carrillo.(REUTERS/Marcos Brindicci)
 
Carrillo merayakan golnya. (AFP/Nelson Almeida)
 
Guerrero (kiri) dan Christian Cueva (kanan) ikut merayakan gol Carrillo. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
 
Carrillo (kiri) berusaha mengendalikan bola di tengah kawalan bek Australia Joshua Risdon. (AFP/Nelson Almeida)
Guerrero (kiri) melepaskan tendangan untuk mencetak gol kedua. (AFP/Nelson Almeida)
 
Guerrero (kiri) merayakan golnya. (AFP/Odd ANDERSEN)
 
Bek Peru Luis Advincula (kanan) berlari meninggalkan kejaran bek Australia Aziz Behich. (AFP/Odd ANDERSEN)
 
Kiper Peru Pedro Gallese menangkap bola percobaan tembakan lawan. (AFP/Adrian DENNIS)
 
Para pemain tim nasional Peru berterima kasih kepada para pendukungnya setelah memenangi laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Dunia 2018 melawan Australia dengan skor 2-0 di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Selasa (26/6/2018). Meski tersingkir dari Rusia, Peru berhasil menuntaskan paceklik kemenangan selama empat dasawarsa di putaran final Piala Dunia. (AFP/Nelson Almeida)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018