Jakarta (ANTARA News) - Sebelas kandidat gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai NasDem unggul sementara dari 17 Pilgub serentak yang digelar, Rabu.

"NasDem menyatakan 11 kandidat yang diusung menang berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count dan empat di antaranya merupakan kader internal," kata Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, di Jakarta, Rabu.

Sekretaris Bappilu NasDem ini menyebutkan bahwa kemenangan yang diraih NasDem tersebut karena penerapan politik tanpa mahar dan pendekatan ilmiah dalam mengajukan calon.

Berdasarkan hasil `Quick Count` calon yang diusung NasDem unggul di 11 Provinsi, empat di antaranya kader internal yaitu; Kalbar, Sumsel, NTT dan Sultra. Sementara untuk posisi wakil gubernur kader NasDem Edy Nasution yang menjadi wakil Syamsuar di Pilkada Riau.

Willy mengatakan, partainya akan mengawal sampai penghitungan KPU selesai dan calon gubernur dan wakil gubernur ditetapkan.

"Jadi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan oleh seluruh pengurus dan kader partai NasDem di semua wilayah yang melakukan pilkada," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia usai pelaksanaan pilkada agar kembali bekerja sama dalam membangun daerahnya masing-masing.

"Pilkada sudah selesai, saatnya perbedaan dan pertarungan ide dalam proses kontestasi kemarin kita akhiri. Kini saatnya semua kembali bekerja sama untuk membangun daerah masing-masing, menyongsong kerja yang banyak agar bisa menyejahterakan rakyat," ucap Willy.

Baca juga: Ridwan Kamil unggul sementara versi hitung cepat

Baca juga: Pasangan Ganjar-Yasin unggul sementara di hitung cepat


 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018