Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Indonesia meluncurkan Film Layanan Konsuler berjudul "Wonderful Trip to Indonesia" (Perjalanan Luar Biasa ke Indonesia) dan Iklan Layanan Konsuler dengan tema Asian Games 2018 untuk mempermudah wisatawan China berwisata ke Indonesia.

"Ini adalah pertama kalinya kedutaan menggunakan media iklan layanan masyarakat dan film animasi untuk melakukan pekerjaan layanan konsuler dengan cara yang lebih menarik dan mudah dimengerti," kata Kuasa Usaha (Charge d`Affaires) Kedubes China di Indonesia Sun Weide, Jakarta, Jumat.

Video iklan layanan konsuler tersebut akan ditampilkan secara berulang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada saat Asian Games berlangsung.

Film animasi layanan konsuler dengan judul "Wonderful Trip to Indonesia" juga akan ditayangkan segera dan bertahap di pesawat rute penerbangan China dari dan ke Indonesia, yaitu Air China, China Southern, China Eastern, dan Xiamen Air.

Dalam kurun waktu setengah tahun, Kedubes China telah membuat video animasi layanan konsuler bertema "Wonderful Trip to Indonesia" yang berdurasi 10 menit dan memiliki slogan "Wonderful Trip, Amazing Games" untuk mengusung konsep berwisata aman dan bertanding nyaman.

Iklan layanan konsuler untuk penyelenggaraan Asian Games juga menampilkan tiga maskot Asian Games yaitu Bhin Bhin si cendrawasih, Atung si rusa bawean, Kaka si badak jawa serta dua panda asal China yang bernama Cai Tao dan Hu Chun dan yang berada di Taman Safari, Bogor.

Film "Wonderful Trip to Indonesia" berisi hal-hal yang perlu diperhatikan saat masuk dan keluar wilayah Indonesia yang terdiri dari beberapa kategori seperti tindak pencegahan dan keamanan, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat setempat.

Film itu dapat membantu warga China memahami peraturan dan regulasi hukum di Indonesia, mengenal keadaan dan budaya masyarakat setempat, serta meningkatkan kesadaran akan keamanan dan pencegahan bahaya sebagai persiapan berwisata yang baik.

"Kami berharap dapat membuat setiap Warga Negara China yang melakukan perjalanan ke Indonesia terbantu dengan pelayanan ini dan lebih meningkatkan kesadaran agar perjalanan wisata terasa lebih nyaman dan berbudaya," tuturnya.

Baca juga: Sambut Asian Games, China berencana buka pelayanan informasi di Soetta

Asian Games ke-18 diadakan pada 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Dengan slogan pada iklan layanan konsuler `Berwisata aman, Bertanding nyaman`, sekali lagi kami berharap agar penyelenggaraan Asian Games ke-18 dapat berjalan lancar dan sukses serta setiap wisatawan China dapat berkunjung ke Indonesia dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Peluncuran iklan dan video layanan konsuler itu juga dilatarbelakangi dengan keinginan untuk meningkatkan pengunjung China ke Indonesia seperti yang ditekankan Perdana Menteri China Li Keqiang saat kunjungan resminya ke Indonesia pada Mei 2018.

Kementerian Pariwisata mematok target 3 juta kunjungan wisatawan mancanegara asal China selama periode 2018.

Direktur Pemasaran Internasional untuk China Kementerian Pariwisata Indonesia Vinsensius Jemadu mengapresiasi langkah Kedubes China dengan peluncuran film dan iklan layanan konsuler untuk membantu wisatawan Tionkok yang datang melihat pertandingan Asian Games maupun yang akan berwisata di Indonesia.

"Dari sekian puluhan negara yang hadir di Asian Games, China adalah negara pertama yang mempromosikan Asian Games," ujarnya.

Kementerian Pariwisata Indonesia juga akan membantu pihak Kedubes China untuk memperkenalkan film layanan konsuler itu kepada Garuda Indonesia Airways, Lion Air, Citilink, Air Asia, dan penerbangan-penerbangan domestik lainnya.

"Atas nama Menteri Pariwisata dan Kementerian Pariwisata Indonesia, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya atas upaya dan inisiatif Kedutaan Besar China untuk memfasilitasi pelayanan konsuler untuk menyambut kedatangan delegasi Asian Games dari China," tuturnya.

Baca juga: Wapres nyatakan 45 negara mendaftar Asian Games 2018

Baca juga: Wapres harap reunifikasi Korsel-Korut dibahas di Jakarta

Baca juga: Pemprov DKI terapkan uji perluasan sistem ganjil-genap

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018