Manado (ANTARA News) - Pelaksanaan "Hari Keluarga Nasional" (Harganas) ke-25 di Kota Manado, mengusung tema "Cinta Keluarga Cinta Terencana", kata Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Sulawesi Utara (Sulut) Bahagia Mokoagouw.

"Kegiatan ini rencanannya dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo," kata Bahagia di Manado, Rabu.

Di hari Jumat nanti, kata dia, beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan adalah flashmob, taman keluarga, gelar dagang dan pameran, aksi "GenRevolution BerTeMan", temu prestasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), penyerahan penghargaan, BKKBN idol, bakti sosial Dharma Wanita BKKBN, jambore keluarga Indonesia dan temu kader.

Selanjutnya di hari Sabtu, akan dilaksanakan taman keluarga, sepeda tandem dan olahraga, sarapan "Bubur Manado" bersama keluarga, puncak acara Harganas, gelar dagang dan pameran serta nikah massal.

"Taman keluarga mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan keluarga ke arah semakin baik dan sejahtera," ujarnya.

Keluarga merupakan wahana utama bagi pewarisan peradaban dan budaya bangsa, karena di dalam keluarga dibentuk dan dipraktekkan nilai-nilai dasar hubungan antar manusia.

Taman keluarga, lanjut dia, adalah wahana untuk menyosialisasikan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) sebagai ujung tombak upaya membangun keluarga Indonesia yang sejahtera.

"Kami mengajak segenap pihak untuk ikut bersinergi memanfaatkan seoptimal mungkin kehadiran taman keluarga ini," ajaknya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018