Beijing (ANTARA News) - Penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia boleh saja usai, namun warga China kini dilanda demam sepak bola untuk alasan yang lain, Cristiano Ronaldo.

Megabintang sepak bola yang baru saja hijrah ke jawara Italia Juventus tersebut, menyambangi China dalam tur tahunan "CR7 Tour" berdurasi dua hari yang disokong sponsornya, Nike.

Semenjak mendarat di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing (BCIA) pada Kamis (19/7) menuju gerai Nike, di hotel tempat ia menginap, maupun perjalanan menuju Kota Terlarang, rute Ronaldo tak sepi dari para penggila bola daratan Tiongkok.

Tentu saja sebagian dari mereka cukup beruntung untuk mendapatkan tanda tangan sang megabintang di jersey yang mereka miliki atau mendadak beli, sementara yang lainnya juga berkesempatan berswafoto bersama Ronaldo.

Di antara segala keriuhan itu, atribut Ronaldo bertebaran di mana-mana.

Dalam salah satu wawancara, Ronaldo memberikan saran atas kemajuan persepakbolaan China.

"Berikan kesempatan kepada anak-anak. Beri mereka kesempatan emas. Buka pintu bagi mereka karena anak-anak merupakan masa depan," sarannya sebagaimana dikutip Kantor Berita Xinhua.

Ronaldo telah berkontribusi membangun persepakbolaan China setelah dia turut membantu salah satu sekolah dasar di Kabupaten Longxi, Provinsi Gansu, dalam kunjungan pertamanya ke China pada tahun lalu.

Setelah pembangunan rampung pada Mei lalu, beberapa bocah di China makin menggemari sepak bola.

"Teruslah bekerja keras. Yakin pada dirimu sendiri dan jangan pernah menyerah," ujar pemain yang membawa negaranya menjuarai Piala Eropa 2016 itu.

Bahkan dia menyatakan keinginannya untuk melihat pemain China seperti dirinya atau bahkan melebihi dirinya.

Baca juga: Messi masih pujaan China

Baca juga: Penonton dari China habiskan Rp6,4 triliun untuk Piala Dunia

Baca juga: 57 persen pembeli tiket asal China perempuan


Sejumlah foto yang diturunkan People's Daily memperlihatkan Ronaldo unjuk kebolehan mengoleh bola di depan Museum Palace, Kota Terlarang.

Ronaldo yang mengenakan kaus warna hitam juga terlihat swafoto dengan menggunakan tongsisnya di depan ribuan penggemarnya di Beijing.

Menanggapi Juventus yang akan dibelanya pada musim kompetisi mendatang, Ronaldo menuturkan, "Saya sangat senang. Juventus salah satu klub sangat penting di Italia. Kehormatan bagi saya mendapatkan kesempatan bermain di sana."

"Saya berharap bisa mengawalinya dengan bagus. Saya berharap bisa memberikan kemenangan penting bagi klub. Saya berusaha membuat para penggemar sepak bola di Italia lebih bahagia. Inilah yang sedang saya upayakan," katanya menambahkan.

Setelah menjuarai dua kali kompetisi La Liga (Spanyol) dan empat kali juara Liga Champions dalam sembilan tahun bersama Real Madrid, Ronaldo menandatangani kontrak selama empat tahun dengan Juventus dengan nilai transfer 100 juta Euro. 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018