Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring membuktikan koperasi-koperasi di Indonesia telah melek penggunaan teknologi informasi (TI).

Dalam acara rangkaian Perayaan Hari Koperasi tingkat Jawa Barat di Kabupaten Karawang, Sabtu, Meliadi mensimulasikan pemanfaatan teknologi informasi dengan bertelekonferensi (teleconference) bersama salah satu koperasi di Jawa Barat yaitu koperasi (SP) Makmur Mandiri yang mempunyai 16 cabang di 16 provinsi.

"Kalau ingin maju, tidak ada cara lain selain memanfaatkan teknologi informasi ini," kata Meliadi.

Ia melakukan teleconference dengan cabang koperasi yang ada di Medan, Bali, Pekanbaru, dan lain-lain.

Dari situ, Meliadi membuktikan salah satunya bahwa perkembangan teknologi informasi dan financial teknologi sudah mulai bisa dimanfaatkan oleh koperasi di Jawa Barat.

Di Jawa Barat, kata dia, juga sudah ada Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara online dimana pertama dilakukan di Kota Bogor.

Begitupun pelaksanaan teleconference untuk menggelar RAT yang juga dilaksanakan di Jawa Barat.

"Betapa efisien dan efektifnya RAT secara online, menghemat biaya, waktu, tempat dan lain-lain," kata Meliadi Sembiring.

Baca juga: Jokowi bersyukur didukung insan koperasi untuk pilpres

Acara ini dihadiri oleh Sekda provinsi Jawa Barat H Iwa Karniwa, Muspida Provinsi Jawa Barat, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, para Bupati/Walikota se-Jawa Barat, Kadiskop dan UKM Jawa Barat Dudi Sudrajad, Kadiskop dan UKM Kabupaten/Kota se Jawa Barat, Ketua Dekopinwil Jawa Barat Mustofa Jamaludin, Dekopinda se-Jawa Barat, pimpinan Perbankan, BUMN dan BUMD se-Jawa Barat serta para penggerak koperasi se provinsi Jawa Barat.

Saat menyampaikan laporan, Kadiskop dan UKM Jawa Barat Dudi Sudrajad mengatakan, peringatan Harkopnas tingkat Jawa Barat dalam rangka memotivasi masyarakat untuk meningkatkan jatidiri berkoperasi serta memadukan seluruh potensi ekonomi anggota untuk mencapai kesejahteraan.

"Kita ingin terbangun koperasi yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing," kata Dudi.

Ketua Dekopinwil Jawa Barat Mustofa Jamaludin pada kesempatan itu mengatakan, berkoperasi merupakan bentuk dari upaya membangun ekonomi masyarakat secara berjamaah, ekonomi berkeadilan menuju kemajuan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi bangga ada koperasi Indonesia beromzet triliunan

"Semangat perkoperasian di bumi parahyangan Jawa Barat ini luar biasa hebat, terbukti para kepala daerah, penggerak koperasi se Propinsi Jawa Barat hadir di sini untuk memperingati Hari Koperasi," paparnya.

Saat menyampaikan sambutan selamat datang, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Jawa Barat yang telah memercayakan Kabupaten Karawang sebagai tuan rumah peringatan Harkopnas ke-71 se-Provinsi Jawa Barat.

"Selamat datang kepada seluruh teman-teman, sahabat-sahabat pelaku dan penggerak koperasi di kabupaten Karawang, semoga masyarakat akan lebih sejahtera lagi dengan majunya koperasi," ucap Cellica.

Baca juga: Smesco siap tampung produk unggulan koperasi berprestasi

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018