Boyolali (ANTARA News) - Keberangkatan jamaah haji dalam kelompok terbang 43 Embakarkasi Surakarta ke Arab Saudi tertunda 10 jam lebih karena kepadatan lalu lintas pesawat di bandara.

Rombongan jamaah haji asal Klaten itu menurut jadwal diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada Senin pukul 06.45 WIB tetapi karena perjalanan pesawat dengan nomor penerbangan GIA 6110 yang akan membawa mereka terhambat saat transit di Padang, keberangkatan mereka ditunda hingga pukul 17.00 WIB.

Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta Afief Mundzir menjelaskan penerbangan jamaah kloter 43 tertunda karena perjalanan pesawat untuk kelompok itu terhambat saat transit di bandara Padang.

Sementara penerbangan jamaah haji kloter 44 tetap sesuai jadwal, berangkat dari bandara pukul 10.36 WIB hari ini.

"Jamaah kloter 44 kini sudah persiapan pelepasan di gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali, dan kemudian masuk bus menuju bandara," kata Afief.

PPHI Embarkasi Surakarta sudah menyelesaikan pemberangkatan 41 kloter jamaah calon haji gelombang pertama menuju ke Madinah di Arab Saudi pada Minggu (29/7).

Panitia kini mulai memberangkatkan jamaah haji gelombang kedua, mulai dari kloter 42 asal Wonogiri, menuju ke Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi. Jamaah kloter 42 yang terdiri atas 352 orang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali hari ini pukul 00.42 WIB.

Afief menjelaskan bahwa dengan demikian hingga keberangkatan kloter 42, jumlah anggota jamaah yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 15.055 orang.

Baca juga: Pemberangkatan haji kloter 10 Embarkasi Lombok diundur
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018