Jakarta (ANTARA News) - PT Hutama Karya (Persero) menyalurkan bantuan tanggap darurat, seperti sembako dan alat berat untuk membantu korban gempa bumi berkekuatan 6,4 SR di yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (29/7).

"Kami akan salurkan bantuan secara bertahap. Saat ini yang menjadi fokus utama adalah penanganan pengungsi dan penyediaan kebutuhan pokok," kata Direktur Utama HK, Bintang Perbowo melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin.

HK mengirimkan bantuan sedikitnya 1 truk berisi tenda darurat, selimut; 1,5 ton beras, 250 dus mie instan, air mineral dan biskuit yang sudah mulai dikirimkan ke lokasi terdampak bencana sejak Minggu (29/7) malam.

Selain itu, beberapa alat berat seperti 1 unit excavator dan 2 unit dump truck juga diterjunkan untuk membantu evakuasi dan pengangkatan reruntuhan bangunan.

Bantuan senilai kurang lebih Rp100 juta tersebut telah diterima oleh Sekretaris Daerah Lombok Timur di Posko Pengungsi Desa Madayin, Lombok Timur pada Senin pagi.

Bintang menjelaskan, pihaknya, yang diwakili oleh Tim Hutama Karya Wilayah 4 dari proyek Bandara Internasional Lombok, telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok untuk rencana pengiriman bantuan ke beberapa desa yang paling terdampak, antara lain Desa Bayan di Lombok Utara dan Desa Sembalun di Lombok Timur sejak Minggu pagi.

Ia mengatakan, bahwa bantuan yang menjadi fokus utama adalah penanganan pengungsi dan penyediaan kebutuhan bahan pokok. Selanjutnya, perseroan juga akan membantu terhadap bangunan yang rusak akibat gempa.

"Selanjutnya kami akan lakukan rehabilitasi rumah warga yang hancur akibat gempa," ujar Bintang.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018