Solo, (ANTARA News) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menarik puluhan mahasiswanya yang saat ini sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyusul terjadinya gempa di daerah tersebut pada Minggu (5/8) malam.

"Dengan bantuan pesawat Hercules milik TNI AU, sebanyak 41 mahasiswa malam ini bisa diterbangkan ke Solo melalui Malang. Besok pagi sisanya akan dijemput lagi dengan Hercules," kata Ketua UP-KKN UNS Rahayu di Solo, Senin.

Dia meminta orang tua mahasiswa tidak mengkhawatirkan anak-anak mereka mengingat UNS sudah melakukan upaya penyelamatan.

Sekretaris Rektor UNS Surakarta, Tunjung W Sutirto, mengatakan sebanyak 60 mahasiswa UNS melakukan KKN di Lombok yang tersebar di tiga desa, yaitu Sembalun, Melaka dan Gumantar.

"Para mahasiswa ini berada di titik gempa, yaitu Lombok Utara dan Lombok Timur," katanya.

Di sisi lain, UNS telah menugaskan tim medisnya yang bekerja sama dengan RSUD dr Moewardi, SAR UNS, dan UPKKN untuk segera berangkat ke Lombok untuk membantu korban bencana.

"Sementara ini sembilan orang yang akan diberangkatkan besok pagi. Dalam waktu dekat kemungkinan akan menyusul tim medis termasuk mengirim dokter dengan dukungan dari RS dr Moewardi Surakarta," katanya.

Ia mengatakan tim medis dari UNS tersebut akan membuka klinik di daerah terdampak untuk memudahkan pelayanan kesehatan kepada para korban gempa.

"Kalau perlu rujukan ke rumah sakit maka akan kami rujuk ke rumah sakit tertentu," katanya.*

Baca juga: DPR dorong K/L segera bersinergi bantu korban bencana

Baca juga: BUMN Hadir - Pelni siapkan kapal gratis pengirim bantuan ke Lombok


Baca juga: Besok pagi Markas Besar TNI berangkatkan tim kesehatan gabungan ke Lombok

Pewarta: Aries Wasita Widi Astuti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018