Jakarta (ANTARA News) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta menggandeng Djarum Sumbangsih Sosial memberikan pembekalan terhadap warga Tambora dan Cengkareng Jakarta Barat guna melatih dalam menanggulangi kebakaran.

"Peran aktif masyarakat diperlukan dalam memahami penyebab dan kemampuan penanggulangan awal kebakaran" kata Kepala DPKP DKI Jakarta Subejo di Jakarta, Minggu.

Subejo menjelaskan DKI bersama Djarum Sumbangsih Sosial secara konsisten menggelar program Pelatihan Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran bagi masyarakat sejak 2012.

Pada 2018, Subejo menyebutkan bentuk apresiasi dan sarana mempraktekkan kembali kemampuan pencegahan kebakaran melalui Lomba Ketangkasan Satgas Pencegahan Kebakaran bertepatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73.

"Ini merupakan wujud kecintaan dan partisipasi masyarakat dalam suasana HUT RI, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mereka dalam upaya untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran," ujar Subejo.

Sejak mendapatkan program pelatihan itu menurut Subejo, warga tidak panik dan "chaos" saat terjadi kebakaran karena masyarakat memiliki kemampuan bereaksi cepat penanggulangan.

"Kalau dulu kan cuma panik,tapi sekarang mereka bisa bereaksi melakukan langkah-langkah penanggulangan awal secara efektif,? terang Subejo.

Manajer Program Bakti Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan menambahkan lomba ketangkasan pencegahan kebakaran tersebut merupakan dari upaya penyegaran kesiapsiagaan Satgas Pencegahan Kebakaran secara berkelanjutan.

"Kita secara bersama-sama berupaya memberdayakan warga agar memiliki kesadaran dan kemampuan untuk mencegah terjadinya kebakaran sedini mungkin. Dengan apel siaga dan lomba ketangkasan ini kita ingin memberikan ruang sekaligus apresiasi terhadap kemampuan warga dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran," tutur Budi Darmawan.

Lomba Ketangkasan Satgas Pencegahan Kebakaran dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp32 juta itu diikuti sekitar 400 anggota satgas yang berasal dari 67 RW di Kecamatan Tambora dan Cengkareng, Jakarta Barat.

Peserta beradu ketangkasan beregu dalam upaya memadamkan api dengan cepat dan tepat dengan penilaian ketangkasan dan kecepatan warga saat terjadi api kecil, kekompakan tim dan kemampuan memadamkan api menggunakan alat tradisional (karung goni basah) dan APAR (alat pemadam api ringan).

 

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2018