Jakarta (ANTARA News) - Chinese Taipei berhasil menaklukkan Suriah 82-75 dalam laga perempat final bola basket putra Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Sempat dihadapkan pada kondisi berimbang di sebagian besar waktu laga, Taipei sukses memastikan kemenangan dan tentunya tiket ke babak semifinal, didukung penampilan atraktif sang kapten yang melesakkan 24 poin.

Taipei juga mendapat sumbangan 22 poin dan 6 rebound dari Liu Cheng serta 11 poin milik Chen Kuanchuan.

Sebaliknya di kubu Suriah Tarek Aljabi memborong 28 poin di laga tersebut, diikuti raihan 18 poin dari Sharif Al Osh dan 16 poin milik Anthouny Bakar.

Di babak semifinal yang dilangsungkan pada Kamis (30/8) Taipei akan menghadapi pemenang laga perempat final lain antara China melawan tuan rumah Indonesia.

Sedangkan Suriah akan kembali melantai pada Selasa (28/8) untuk memulai rangkaian pertandingan penentuan pemeringkatan melawan tim yang juga kalah di laga perempat final lain.

Baca juga: Penggawa basket putra Iran terancam absen saat hadapi Korsel di semifinal

Taipei mengawali laga dengan cukup meyakinkan kala lay up Chen Kuanchuan menyudahi sebuah serangan fast break dan membawa mereka unggul 13-6 atas Suriah di sisa waktu 5 menit 48 detik kuarter pertama.

Meski Suriah memangkas jarak yang ada, Taipei masih unggul 24-19 kala menyudahi kuarter pertama dengan lay up Liu Cheng menyelesaikan umpan dari Hu Longmao.

Di awal kuarter kedua, Taipei tetap mengendalikan ritme permainan dan unggul 33-27 saat Chiang Yuan melesakkan tembakan tripoin di sisa waktu 6 menit 38 detik kuarter kedua.

Namun Suriah memperoleh kebangkitan ketika menyamakan kedudukan 33-33 lewat fast break yang diakhiri lay up Aljabi di sisa waktu 3 menit 27 detik. Sejak itu kedua tim saling bergantian memegang keunggulan meski akhirnya skor sama kuat 41-41 di pengujung paruh pertama pertandingan.

Baca juga: Ratliffe sebut kepaduan kunci kemenangan basket putra Korsel atas Filipina

Suriah memasuki kuarter ketiga dengan cara lebih meyakinkan, mengungguli Taipei 52-48 di sisa waktu 4 menit 38 detik kuarter ketiga lewat lay up Bakar.

Kecerdikan Suriah menerapkan pendekatan fisik membuat mereka tetap bisa mengungguli Taipei 58-57 saat mengakhiri kuarter ketiga.

Suriah kembali membuka kuarter keempat dengan meyakinkan saat lay up Bakar melesak memperbesar keunggulan 60-57, namun Taipei tak lantas tertekan apalagi kehilangan kepercayaan diri.

Ketenangan Taipei mengantarkan mereka bergantian mengambil alih keunggulan dengan Suriah di pertengahan awal kuarter keempat, sampai kemudian sebuah jump shot dari Chen Yingchun membuat mereka unggul 71-67 di sisa waktu 3 menit 54 detik.

Poin tersebut seolah menjadi titik balik bagi Taipei yang meraup 11 poin lagi di sisa waktu yang ada demi memastikan kemenangan 82-75 atas Suriah.

Baca juga: Pelatih basket putra Filipina mengaku bertanggung jawab atas kekalahan dari Korsel

Baca juga: Jadwal perempat final basket putra hari ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018