Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian mengamankan dua mortir yang ditemukan dua petugas Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kali Asem, Kelurahan Cipete Utara, Jakarta Selatan, Senin.

"Sekitar jam 11 siang, petugas dari DLH sedang mengeruk lumpur di dasar Kali Asem, di Cipete Utara, dan mereka menemukan amunisi, berjenis mortir," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar saat ditemui di Jakarta, Senin.

Indra menambahkan, saat ini, pihak kepolisian tengah menganalisis dan akan membawanya ke laboratorium untuk penyelidikan lebih lanjut.

Ia turut menyampaikan, petugas telah menghubungi Unit Gegana Polda Metro Jaya untuk memeriksa dua mortir tersebut.

Senada dengan itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Stefanus Tamuntuan menyampaikan mortir itu pertama ditemukan oleh Ridwan, operator alat pengeruk dari DLH Unit Pelaksana Kerja (UPK) Badan Air Kali Adem DKI Jakarta.

"Saksi (Ridwan) mengeruk lumpur Kali Asem menggunakan alat ekskavator (pengeruk) dan menemukan sekaligus dua mortir dalam satu kali keruk," kata  AKBP Stefanus di Jakarta, Senin.

Operator ekskavator itu, Stefanus menambahkan, meletakkan dua mortir ke darat, dan langsung menghubungi petugas di Kelurahan Cipete Utara.

Temuan tersebut pun dilaporkan ke Polsek Metro Kebayoran Baru.

"Tindakan yang dilakukan, (pihak kepolisian) mendatangi tempat kejadian perkara, mencari keterangan saksi, membuat laporan, menghubungi Unit Gegana Polda Metro Jaya," terang Stefanus.

Ia menambahkan, dua mortir itu telah dibawa ke Mako Brimob untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Mortir ditemukan saat Kali Damai dinormalisasi
Baca juga: Gegana amankan mortir di perumahan Cilandak
Baca juga: Warga dikejutkan temuan mortir sisa perang

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018