Samarinda, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Getaran gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter yang berpusat di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat petang, juga dirasakan sebagian warga di Kota Samarinda dan beberapa kabupaten/kota lain di Kalimantan Timur.

Pengunjung pusat perbelanjaan di Kota Samarinda seperti Big Mal dan Samarinda Central Plasa (SCP) berhamburan keluar saat merasakan getaran gempa.

Meski hanya berlangsung singkat, sebagian orang yang sudah keluar dari pusat perbelanjaan tidak berani kembali masuk mal karena khawatir ada gempa susulan.

"Tadi begitu terasa ada goyangan dan beberapa orang teriak 'gempa, gempa', saya langsung lari keluar. Ini langsung balik pulang saja," kata Wahyono (41), pengunjung mal SCP.

Di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, pengunjung rumah sakit juga bergegas keluar sementara im medis membawa pasien yang masih terbaring di ranjang menuju halaman saat terjadi guncangan.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Balikpapan Octavianto dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan laporan yang diterima dari masyarakat menyebutkan guncangan gempa juga dirasakan di beberapa daerah Kalimantan Timur seperti Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, dan Kutai Kartanegara.

"Sampai saat ini belum ada laporan jatuhnya korban, tapi kami telah menyiagakan personel dan peralatan yang sewaktu-waktu siap bergerak," katanya.

Baca juga: Gempa Donggala terasa hingga Gorontalo
Baca juga: Kementerian ESDM segera kirim tim ke Donggala

 

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018