Pangkalpinang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggalang dana untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bentuk kepedulian sosial meringankan beban masyarakat di daerah bencana.

"Kami turut berduka cita atas bencana alam yang menimpa masyarakat korban di Palu dan Donggala," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah di sela melepas ribuan pelari "Babel Run 2018 10 kilo meter dan Half Marathon 21 kilo meter" di Pangkalpinang, Sabtu pagi.

Pada pelepasan kegiatan olah raga wisata "Babel Run 2018" tersebut, ribuan peserta lari nasional yang dipimpin Wakil Gubernur Kepulauan Babel menggelar doa bersama mendoakan korban bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) petang.

"Semoga korban gempa dan tsunami di Palu serta Donggala diberikan ketabahan menghadapi cobaan ini," ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengatakan SKPD di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel sedang melakukan penggalangan dana untuk untuk meringankan beban korban bencana di Sulawesi Utara.

"Ini salah satu bentuk kepedulian dan keprihatinan aparatur sipil negara di lingkungan provinsi ini untuk membantu korban gempa dan stunami di Palu, Donggala," katanya.

Ia berharap masyarakat juga ikut mengalang dana untuk membantu korban bencana.

"Untuk saat ini bantuan dana yang paling efektif dan praktis untuk membantu korban bencana alam di Palu dan Donggala. Untuk ke depannya, pemprov akan menyalurkan bantuan pangan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya membantu korban gempa bumi dan stunami di Sulawesi Utara," ujarnya.*

Baca juga: Menhub bentuk tim dukung operasi darurat gempa

Baca juga: Pertamina kirim tim tingkatkan pasokan BBM Palu


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018