Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan asuransi jiwa AIA menggelar kejuaraan sepak bola wanita, AIA Championship for Women, pada 1 Desember 2018.

"AIA Championship for Women diluncurkan untuk mengakomodasi minat para wanita Indonesia terhadap sepak bola dan membantu mengembangkan potensi mereka," kata Head of Brand and Communication PT AIA Financial, Kathryn Monika Parapak, di Jakarta, Selasa.

Selain sebagai wujud sumbangsih untuk menyeleksi bakat-bakat terbaik sepak bola wanita, AIA juga akan menjaring 16 pesepak bola wanita terbaik dari kejuaraan tersebut untuk turnamen tingkat regional Asia di Bangkok, Thailand, pada Maret 2019 mendatang.

Proses pendaftaran dibuka mulai tanggal 16 November dan AIA akan mencari 16 tim terbaik untuk berlaga di kejuaraan tingkat regional Asia. Finalis kejuaraan tingkat regional akan diboyong ke kejuaraan tingkat dunia yang bakal diselenggarakan di markas Tottenham Hotspur di London, Inggris.

AIA menggunakan format sepak bola mini dengan mencari tim beranggotakan delapan pemain dalam kompetisi tersebut, yang dimainkan dengan lima pemain per tim atau five-a-side.

"Nanti sehari penuh pada 1 Desember 2018, kejuaraan dilangsungkan dan dicari 16 pemain terbaik untuk dijadikan dua tim mewakili Indonesia di kejuaraan tingkat regional di Bangkok pada Maret 2019," ujar Kathryn.

"Selama Desember hingga Maret, kami akan memberikan pendampingan pelatih profesional untuk persiapan kejuaraan regional tersebut," katanya menambahkan.

Baca juga: Jack Ma dan final sepak bola putri Asian Games 2018

Penggawa tim nasional sepak bola wanita Indonesia, Zahra Musdhalifah, mengajak sesama kaum hawa yang menyukai olahraga olah si kulit bundar itu untuk ambil bagian dalam kompetisi tersebut.

"Buat kalian wanita-wanita Indonesia yang suka bola, jangan takut memulai dan mencoba, kalau dilakukan maksimal pasti hasilnya maksimal," ujarnya.

Baca juga: Putri Indonesia akui keunggulan Chinese Taipei

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018