Palu, (Antara News) - Transmart Palu di pusat perbelanjaan Mal Al Djufri, Sabtu, mulai beroperasi menjual barang-barang kebutuhan dasar dengan harga produk yang normal setelah tutup akibat gempa pada Jumat (28/9/2018) lalu.

"Kami buka hari ini atas permintaan komunitas dan masyarakat. Kami buka terbatas jam 10 pagi sampai 5 sore," kata Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour Satria Hamid saat dihubungi dari Palu, Sabtu.

Satria mengatakan harga-harga produk yang dijual di Transmart merupakan harga normal. "Tidak kami naikkan," kata Satria.

Beberapa warung dan pasar di Kota Palu sudah mulai buka dan berjualan namun harga barangnya naik di atas harga rata-rata.

Pelayanan transaksi di Transmart berjalan dengan sistem antrean. Masyarakat yang ingin membeli menuliskan produk di secarik kertas dan petugas akan mengambilkan barang-barang tersebut.

Setelah produk secara lengkap diambilkan petugas, nama pembeli akan dipanggil untuk kemudian melakukan transaksi. Petugas Transmart membawa keluar enam unit mesin transaksi di depan pintu masuk untuk melayani pembeli.

Satria menerangkan untuk tahap pertama Transmart melayani kebutuhan masyarakat sehari-hari saat sebagian besar toko belum buka. Transmart akan memasok produk-produk yang dibutuhkan dari beberapa kota di sekitar Palu untuk memastikan ketersediaan barang.

"Walaupun dengan keadaan yang sangat terbatas, kami ingin memberikan yang maksimal untuk masyarakat Palu dan Donggala," kata Satria.

Masyarakat yang belanja kebanyakan membeli keperluan bayi seperti popok dan susu. Produk-produk kebutuhan dasar juga menjadi yang paling dicari seperti beras, sabun cuci, makanan ringan, makanan kaleng, dan lain-lain.

Aparat TNI dan Polri tampak berjaga-jaga di pusat perbelanjaanpitu erbel memastikan keamanan kegiatan ekonomi di Kota Palu.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budi Setiawanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018