Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu, yang mencerminkan secara jelas perubahan arah dalam perdagangan global semalam (Selasa) dan meningkatnya kepercayaan di kalangan investor.

Pada penutupan, sebut Xinhua, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 69,2 poin atau 1,18 persen menjadi 5.939,1 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 69,3 poin atau 1,16 persen menjadi 6.047,1 poin.

Kepala strategi pasar CMC Markets and Stockbroking Michael McCarthy mengatakan ini adalah hari yang baik bagi investor Asia-Pasifik dengan keuntungan di seluruh kawasan, dengan setiap pasar utama di hijau.

"Ini refleksi yang jelas dari perubahan arah yang telah kita lihat dalam perdagangan semalam ... keuntungan di saham Eropa dan AS tercermin dalam perdagangan di sini hari ini. Dan sementara itu mungkin terlalu dini untuk menyatakan kejelasan tentang pasar saham yang berguncang di sini pekan lalu, perputaran dan peningkatan volume yang telah kami lihat bersama telah menambahkan kredibilitas."

Saham-saham sektor perawatan kesehatan, sensitif terhadap suku bunga, barang kebutuhan konsumen dan saham industri yang terpapar oleh pertumbuhan semuanya menonjol, sementara di ujung lain spektrum saham emas yang bernasib baik selama pasar goyah dan sektor material turun serta beberapa logam, terutama baja, berada di bawah tekanan, katanya.

"Secara keseluruhan, tampaknya kepercayaan naik, sebagaimana dibuktikan oleh indeks volatilitas ... yang menurun menunjukkan kepercayaan tumbuh untuk investor."

Bank-bank besar berakhir lebih tinggi, dengan ANZ naik 1,02 persen, Commonwealth Bank menambahkan 1,72 persen, National Australia Bank merayap naik 0,08 persen dan Westpac naik 1,64 persen.

Raksasa pertambangan BHP merosot 0,71 persen dan saingannya Rio Tinto turun 0,24 persen, penambang emas Newcrest turun 0,24 persen, dan Woodside Petroleum menambahkan 1,11 persen.

Jaringan supermarket Woolworths naik 1,13 persen dan saingannya Wesfarmers bertambah 0,23 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas naik 0,37 persen, raksasa telekomunikasi merosot 0,33 persen dan kelompok biomedis CSL melonjak 2,46 persen.

Baca juga: Saham BHP Biliton jatuh di tengah penguatan Bursa Australia

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018