Jakarta (ANTARA News) - PSV Eindhoven menggelar pesta gol ke gawang Excelsior dan mencukur tim tamu dengan skor 6-0 dalam laga pekan ke-15 Liga Belanda di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Sabtu pagi WIB.

Hasil itu membawa sang juara bertahan kembali ke jalur kemenangan, setelah pekan lalu menelan kekalahan pertama mereka musim ini di tangan Feyenoord, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Tambahan tiga poin, membuat tim besutan Mark van Bommel itu kini mengoleksi 42 poin di puncak klasemen dan memperlebar jarak aman menjadi lima poin unggul atas peringkat kedua, Ajax (37), sedangkan Excelsior (16) yang berada di urutan ke-12 terancam tergusur jika para pesaingnya meraih kemenangan di laga masing-masing.

Kapten Luuk de Jong menyarangkan dua gol ke gawang Excelsior dalam kemenangan tersebut yang dibantu Donyell Malen dan Steven Bergwijn serta dua gol bunuh diri atas nama Robin van der Meer dan Jurgen Mattheij.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda, PSV kalah perdana Ajax dekati puncak

Sang kapten membuka pesta gol PSV saat laga baru berjalan 17 menit dengan sepakan kaki kanan dari jarak dekat memanfaatkan umpan kiriman Angelino.

Lantas pada menit ke-34, Hirving Lozano mengeksekusi tendangan bebas yang berusaha dihalau oleh Van der Meer, namun malah mengarahkan bola ke dalam gawangnya sendiri.

Hal itu segera direspon pelatih Excelsior, Adrie Poldevaart, dengan menurunkan bek Lorenzo Burnet menggantikan penyerang Elias Omarsson demi mempertebal barisan pertahananya.

Keputusan tersebut, setidaknya berhasil menjaga gawang Excelsior tak lagi kebobolan hingga babak pertama usai.

Namun, baru enam menit babak kedua berjalan bola kembali bersarang ke dalam gawang Excelsior, dan kali ini lagi-lagi dicetak oleh pemainnya sendiri, yakni Matheij, yang berusaha melakukan halauan.

Skor 3-0 bertahan cukup lama, sebelum kemudian Malen, yang baru masuk pada menit ke-72, memperbesar keunggulan PSV menjadi 4-0 lewat golnya menyelesaikan umpan dari Erick Gutierrez pada menit ke-80.

PSV rupanya masih belum puas dengan empat gol, pada menit ke-89 giliran Bergwijn yang mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan kaki kanannya.

Pada masa injury time, tepatnya menit 90+2, De Jong melengkapi raihan dwigolnya di laga tersebut sekaligus memastikan kemenangan PSV menjadi 6-0 dengan mencetak gol sontekan jarak dekat.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda, PSV kalah perdana Ajax dekati puncak

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Trent Sainsbury, Nick Viergever, Angelino; Pablo Rosario, Erick Gutierrez, Jorrit Hendrix (Michal Sadilek); Hirving Lozano (Donyell Malen), Luuk de Jong, Steven Bergwijn
Pelatih: Mark van Bommel

Excelsior (4-3-3): Sonny Stevens (Alessandro Damen); Jeffry Fortes, Jurgen Mattheij, Herve Matthys, Robin van der Meer; Luigi Bruins, Ali Messaoud, Ryan Koolwijk (Dogucan Haspolat); Denis Mahmudov, Mounir El Hamdaoui, Elias Omarsson (Lorenzo Burnet)
Pelatih: Adrie Poldevaart

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018