Jakarta (ANTARA News) - Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada pengujian sampel air saringan tanaman eceng gondok di saluran penghubung Inlet 3 Waduk Sunter Utara, Jakarta Utara, memeriksa dua parameter penting pengukuran kualitas air.

Staf Analis Mikrobiologi Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Anita Andriyani di Jakarta, Senin, menjelaskan, pengukuran secara kimia dan mikrobiologi diperlukam untuk melihat kinerja eceng gondok pada aliran air di kawasan itu.

"Prosesnya kita ambil air nanti yg diukur kimia dan mikrobiologi, yakni pada insitu-nya seperti oksigen terlarut , temperatur, tingkat keasaman, salinitas. Kalau parameternya, BOD (Kebutuhan Oksigen Biologi) itu harus masuk lab," ujar Anita.

Anita memaparkan, pemeriksaan tersebut juga termasuk pada pengukuran debit air, yang diketahui rupanya alirannya sangat rendah sehingga alirannya lambat.
Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada pengujian sampel air saringan tanaman eceng gondok yang berada di saluran penghubung Inlet 3 Waduk Sunter Utara, Jakarta Utara, memeriksa dua parameter penting pengukuran kualitas air. (ANTARA News/Devi)

Pengujian dilakukan dengan mengambil sampel dua liter air untuk parameter kimia dan satu botol air sebanyak 100 mililiter untuk pengukuran secara mikrobiologi.

Selain itu di lokasi penanaman eceng gondok, kualitas air diukur menggunakan water checker untuk mengukur oksigen terlarut, temperatur, tingkat keasaman dan salinitas.

Anita menyebutksn ada sedikit perubahan kualitas air dari hasil air saringan eceng gondok pada hari-hari pertama penanaman. "Ada perubahan tetapi sedikit, signifikan hanya dari pengecekan mikrobiologi," ujar dia.

Meski begitu, Anita belum bisa mengindikasikan perubahan signifikan dari kualitas air jika hanya melakukan pengecekan di lapangan saja. Perlu beberaa kali uji laboratorium sehingga bisa diketahui pengaruh eceng gondok pada air di saluran penghubung Inlet 3 Waduk Sunter Utara.  
Baca juga: DKI menguji hasil air saringan eceng gondok
Baca juga: Enceng gondok sebagai bahan pakan ikan alternatif
Baca juga: Eceng Gondok bisa diubah jadi bahan bakar

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019