Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu, dengan keuntungan kuat di sektor pengeboran dan pertambangan mengimbangi kerugian di sektor-sektor lainnya.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 12,50 poin atau 21 persen menjadi 5.886,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 11,60 poin atau 0,20 persen menjadi 5.951,10 poin.

"Saham-saham lokal dibuka meningkat setelah awal yang kuat dari para penambang, `rebound` dari kerugian kemarin dengan ASX 200 terangkat 33 poin pada pembukaan," kata analis pasar Commsec James Tao.

"Di balik keuntungan awal adalah pergerakan para penambang utama. Harga bijih besi naik lagi dalam perdagangan semalam karena bencana bendungan di tambang Brasil yang dioperasikan oleh Vale dapat berdampak pada pasokan bijih besi dalam waktu dekat."

Sementara saham-saham energi dan material mempertahankan tren kenaikan yang solid, kenaikan secara keseluruhan melunak sepanjang hari di bawah tekanan dari seluruh indeks.

Sektor industri dan konsumen merosot, sementara keuangan kelas berat terseret.

Juga hari ini, "angka-angka inflasi kuartal Desember yang sangat diantisipasi telah menyentuh atau sesuai dengan harapan," kata Tao.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia merosot, dengan Commonwealth Bank turun 0,24 persen, ANZ turun 0,59 persen, National Australia Bank turun 0,33 persen, dan Westpac Bank turun 0,57 persen.

Saham-saham pertambangan menguat, dengan BHP naik 2,37 persen, Fortescue Metals naik 7,46 persen, Rio Tinto naik 4,21 persen dan penambang emas Newcrest naik 3,53 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat, dengan Oil Search naik 1,06 persen, Santos naik 1,45 persen, dan Woodside Petroleum naik 1,06 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia bervariasi, dengan Coles naik 1,27 persen, dan Woolworths turun 1,70 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra merosot 0,31 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas anjlok 5,26 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,09 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka menguat didukung kenaikan harga komoditas
Baca juga: Pasar saham Australia berakhir turun terseret sektor perbankan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019