Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia Jamalidin Novardianto memenuhi janjinya dengan merebut juara pada etape empat balapan internasional Ronda Pilipinas 2018 yang finis di Roxas Filipina, Senin.

Salah satu pebalap gacoan PGN Road Cycling Team Indonesia ini menjadi yang terbaik setelah membukukan catatan waktu tiga jam 37 menit 53 detik untuk menempuh jarak 146,9 km.

"Alhamdulillah akhirnya tembus juga," kata Jamalidin Novardianto saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Perjuangan pebalap yang akrab dipanggil Verdi untuk meraih juara pada etape empat kejuaraan yang masuk kalender UCI dengan level 2.2 ini bukan perkara mudah karena menjelang finis dikepung oleh pebalap lain yang dikenal mempunyai spesialisasi sprint.

Verdi menjadi yang terbaik setelah unggul dari pebalap Malaysia yang tergabung dalam Terengganu Cycling Team, Mohd Shahrul Mat Amin serta pebalap asal Korea Selatan yang tergabung dalam Korail Cycling Team, Joo Kangeun dengan catatan waktu sama.

"Apa yang saya raih saat ini adalah hasil kerja tim. Yang jelas kemenangan ini untuk tim dan balap sepeda Indonesia," kata pebalap spesialis sprint ini.

Dalam sepuluh pebalap tercepat di etape empat, pebalap asal Malang ini ditemani oleh rekan satu timnya yaitu Odie Setiawan yang finis pada urutan ketujuh dengan selisih waktu 11 detik lebih lambat.

Naik podium merupakan target utama pebalap yang belum lama mengakhiri masa lajangnya itu. Apalagi saat ini didukung oleh tim yang solid serta rekan satu tim yang berpengalaman seperti Bambang Suryadi maupun Jamal Hibatulloh.

"Balap adalah hidup saya. Jadi harus maksimal. Kalau gak maksimal dapur gak bakal ngebul," kata mantan pebalap timnas saat dikonfirmasi sebelumnya.

Harapan meraih hasil terbaik juga disampaikan oleh manajer tim, Izza Ubaidilah. Menurut dia, persiapan untuk menghadapi kejuaraan bagian Asia Tour ini cukup baik dan tinggal pembuktian di lapangan.

Ronda Philipinas 2019 merupakan balapan yang cukup dikenal di Filipina. Balapan terbagi dalam lima etape dan tim yang bersaing di antaranya adalah 7 Eleven, Team Tarbac Filipina, Korail Team Korea, Cambodia Cycling Team, Sri Lanka Navy Cycling Team dan Terengganu Cycling Team.

Baca juga: Jamalidin bidik podium etape Ronda Philipinas 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019