Sydney (ANTARA News) - Saham-saham Bursa Australia lebih tinggi pada awal perdagangan Selasa pagi, dengan lonjakan saham-saham teknologi informasi dan peningkatan kuat di sektor keuangan mendukung indeks.

Laporan Xinhua menyebutkan pada pukul 11.00 waktu setempat, Indeks Acuan S&P/ASX 200 naik 13,30 poin atau 0,22 persen menjadi diperdagangkan di 6.103,10 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 10,00 poin atau 0,16 persen pada 6.180,70 poin.

"Komoditas-komoditas industri dan saham Eropa naik dalam perdagangan semalam, mengikuti pasar Asia Pasifik yang lebih tinggi," kata Analis Pasar Commsec, Michael McCarthy.

"Komentator-komentator menunjuk ke optimisme perdagangan, tetapi keuntungan itu hanya memperluas dukungan investor global baru-baru ini untuk kawasan."

Secara lokal, meskipun ada kenaikan harga minyak dan material, sektor-sektor itu berusaha keras, sementara kebutuhan pokok konsumen dan perawatan kesehatan merosot.

Perusahaan implan medis, Cochlear, melihat harga sahamnya anjlok meskipun melaporkan kenaikan laba, karena kekhawatiran perlambatan pertumbuhan secara keseluruhan, terutama di unit perusahaan Amerika Utara.

"Keseluruhan aksi pasar saham selama seminggu terakhir didorong oleh pengumuman perusahaan, dan perdagangan hari ini dapat mengikuti pola yang sama," kata McCarthy.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia terangkat dengan Commonwealth Bank naik 0,72 persen, ANZ naik 1,09 persen, National Australia Bank naik 1,16 persen dan Westpac Bank naik 0,84 persen.

Saham-saham pertambangan beragam, dengan BHP naik 0,38 persen, Fortescue Metals tidak berubah, Rio Tinto turun 0,02 persen, dan penambang emas Newcrest naik 0,52 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melemah, dengan Oil Search turun 1,23 persen, Santos turun 0,15 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,03 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia bervariasi, dengan Coles turun 2,07 persen dan Woolworths naik 0,76 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,62 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas naik 1,05 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,88 persen.

Baca juga: Harga minyak naik, investor kian optimis kesepakatan produksi OPEC

Baca juga: Bursa Prancis menguat 15,35 poin, saham Renault jatuh

Baca juga: Bursa Inggris melemah, Indeks FTSE 100 ditutup turun 17,21 poin

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019