Manado (ANTARA) - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR)  gabungan kembali mengevakuasi satu kantong jenazah korban longsor di lokasi Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow,  Sulawesi Utara, Selasa.

Evakuasi satu kantong jenazah ini hanya berselang satu jam beberapa menit dari evakuasi dua jenazah  sebelumnya pada pukul 11:37 WITA. Hingga hingga pukul 12:40 WITA  total sebanyak enam kantong jenazah yang berhasil dievakuasi

Sehari sebelumnya, Senin (4/2) tim SAR juga berhasil mengevakuasi dua kantong jenazah sehingga total jenazah korban yang sudah dievakuasi  delapan jenazah.

Evakuasi yang dilakukan sejak Senin (4/2) itu adalah proses lanjutan yang dilakukan tim SAR setelah upaya pencarian dan penyelamatan korban dihentikan sementara karena akses masuk tertutup material batu berukuran besar.

Alat berat akhirnya digunakan untuk membuka akses masuk melalui bagian atas serta samping, dekat pintu utama memasuki terowongan tambang.

Evakuasi yang dilakukan tanggal 26 Februari hingga 3 Maret 2019 yaitu 27 orang, 18 orang diantaranya selamat dan sembilan orang meninggal dunia
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan/Atwit Pramono
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019