Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara, terus mengenjot pembangunan di bidang infrastruktur, salah satunya pemotongan jalan di puncak Desa Puosu, Kecamatan Mowewe, yang dulunya sulit dilalui bagi pengendara menjadi jalan utama sebagai mobilisasi ekonomi masyarakat di wilayah itu ke desa lainnya.

Camat Mowewe  Marwan di Kendari, Selasa, mengungkapkan bahwa pemotongan gunung sedalam lima meter ini dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kolaka Timur 2019.

"Ini salah satu bentuk komitmen Bupati Koltim Tony Herbiansyah dalam membangun wilayah terpencil seperti di Desa Puosu ini", ujarnya tanpa menyebut besaran biaya untuk pemotongan gunung untuk akses jalan tersebut.

Dikatakan, pemotongan gunung dulunya sulit dilalui menjadi jalan yang mudah dilalui masyarakat itu mendapat apresiasi warga setempat, dan sekaligus bersyukur atas pembuatan jalan di puncak Puosu oleh Pemerintah Koltim.

Dimana wilayah Desa Puosu yang terisolir dengan daerah lain, kini sudah bisa tembus ke Desa Lambotue, dan menambah penghasilan penduduk dari sektor perkebunan khususnya lada, kakao dan buah-buahan seperti durian dan produks sayuran  lainnya.

"Selama ini warga bila ingin memasarkan hasil produksi perkebunannya sulit untuk dipasarkan karena akses jalan yang sangat sulit dilalui bagi kendaraan roda dua dan empat karena begitu terjal gunungnya," ujarnya.

Ia mengatakan, setelah jalan ini perbaiki, warga sudah bisa dengan leluasa untuk melewati kawasan itu yang tidak lagi harus mencari jalan alternatif yang hanya bisa dilalui pejalan kaki tetapi juga untuk kendaraan sepeda motor pun sudah lancar, sehingga mobilisasi ekonomi masyarakat akan lebih baik dan terjangkau cepat. ***1***


 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019