Madiun (ANTARA) - Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau lokasi terdampak banjir Madiun di kawasan Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, guna memberikan dukungan terhadap para korban dan relawan yang bertugas.

Saat tiba di lokasi, Rini dan rombongan langsung menuju posko bencana banjir Madiun yang berada di kantor Kecamatan Balerejo. Di lokasi setempat, Rini menyempatkan diri menyapa para relawan yang bertugas di dapur umum, ikut memasak sebentar, dan mencicipi makanan yang diperuntukkan bagi korban banjir.

"Mi dan makanannya enak. Yang masak pintar," ujar  Rini saat meninjau posko bencana banjir Madiun di Kecamatan Balerejo, Jumat sore.

Setelah itu, Rini mendengarkan pemaparan tentang kejadian banjir dan penanganannya dari Bupati Madiun Ahmad Dawami. Dilaporkan Bupati bahwa kondisi sudah mulai normal dan penanganan pascabanjir terus dilakukan hingga masa tanggap darurat bencana berlangsung.

"Penanganan bencana yang dilakukan oleh Pak Bupati bersama jajaran dan relawan sudah baik. Namun untuk masyarakat korban banjir, perlu dipikirkan ke depannya bagaimana dan apa yang bisa dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan, di BUMN ada banyak program untuk usaha kecil dan menengah dan juga dari perbankan yang bisa memberikan bantuan seperti pemberian alat-alat produksi.

"Sehingga, mana yang perlu perbaikan atau penggantian, nanti akan dibantu," kata Rini.

Pihaknya menyampaikan sesuai laporan dari PLN, banyak rumah yang terdampak banjir sehingga menyebabkan sambungan listrik mati.

"Apabila nanti keadaan sudah aman, maka sambungan listrik akan segera dikembalikan. Sambungan listrik segera dilakukan jika rumah sudah tidak ada genangan air," katanya.

Soal jalan tol yang terdampak banjir, Rini mengaku akan melakukan evaluasi dengan pihak terkait. Pihak Jasa Marga sudah melaporkan dan akan menunjuk konsultan untuk melakukan analisis persoalannya ada di mana.

Rombongan Menteri BUMN RI meninggalkan posko bencana sekitar pukul 18.00 WIB. Sementara, kondisi wilayah Kabupaten Madiun berangsur normal pascabanjir yang menerjang sejumlah wilayah setempat tiga hari terakhir.

Terpantau, para korban banjir Madiun yang sebelumnya mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. Meski demikian, distribusi bantuan dan penanganan pascabanjir terus dilakukan. ***3***

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019