Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) meraih tiga penghargaan dalam ajang Anugerah BUMN 2019 sebagai bukti perusahaan menerapkan tata kelola yang baik dan berkinerja positif

"Penghargaan ini akan semakin memacu perusahaan dalam melanjutkan program transfomasi perusahaan yang saat ini tengah berjalan, serta meningkatkan perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus peningkatan pendapatan nasional," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Penghargaan tersebut diterima oleh Faik Fahmi, disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Sofyan Djalil pada acara malam penghargaan Anugerah BUMN 2019 di Jakarta, Kamis (28/3/2019) malam.

Ketiga penghargaan tersebut adalah peringkat pertama Tata Kelola BUMN Terbaik, peringkat kedua Strategi Pertumbuhan BUMN Terbaik, dan The Best CEO kategori Driving Execution.

Anugerah BUMN 2019 merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan global yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track bersama PPM Manajemen.

Pada penyelenggaraan ke-8 ini, Anugerah BUMN 2019 mengusung tema "Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Merintis Usaha Baru, dan Hadir Makin Kokoh untuk Negeri".

"Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, penilaian pemenang pada tahun ini hanya terbagi atas dua kategori utama, yakni Big Corporate (perusahaan dengan revenue di atas Rp3 triliun) dan Emerging Corporate (perusahaan dengan revenue di bawah Rp3 trilun)," terang Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2019 Tanri Abeng.

Untuk menjaring pemenang, para peserta harus melalui tiga tahapan proses seleksi. Diawali seleksi kuesioner, dilanjutkan dengan wawancara pendalaman materi kuesioner di hadapan dewan juri, dan berakhir dengan proses wawancara CEO.

Anugerah BUMN 2019 yang diikuti 90 perusahaan ini dinilai oleh dewan juri dari beragam profesi yang dikenal luas kredibilitas dan kompetensinya dan diperkuat dengan kualitas tim riset dan penilaian dari PPM Manajemen.

"Ajang Anugerah BUMN ini memiliki bobot dan integritas yang teruji dan hasilnya bisa menjadi cerminan bagi pengelolaan BUMN ke depan yang lebih profesional, transparan, dan berdaya saing, sekaligus menjadi rekomendasi sumber rekrutmen kabinet di masa mendatang," tegas Tanri Abeng.

Baca juga: BUMN terbaik 2019 diraih Bukit Asam dan Pelindo 1
Baca juga: Angkasa Pura I layani 96,5 juta penumpang tahun 2018

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019