Jakarta (ANTARA) - Sehari setelah membuat kejutan dengan mengalahkan seorang bintang Ryder Cup, pegolf China Haotong Li kembali membuat kejutan dengan mengalahkan pegolf nomor tiga dunia Brooks Koepka dengan kemenangan 1-up pada hari kedua pertandingan golf World Golf Championships-Dell Technologies Match Play di Austin, Texas, AS, Kamis waktu setempat.

Pegolf berusia 23 tahun ini, pada hari pertama pertandingan Grup 3, menjungkalkan pegolf Swedia Alex Noren dengan skor 5 dan 4 pada Rabu, bertarung ketat melawan Koepka yang mana dia tidak pernah terkejar di Austin Country Club, demikian seperti dilansir situs PGA Tour.

Li mencetak birdie dari jarak enam kaki ke lubang kedua sebelum memimpin 2-up, namun Koepka bangkit dengan memenangi pertarungan lubang ke-10 dan 13 lewat birdie dan par untuk menyamakan kedudukan, sebelum Lie kembali meraih keunggulan 1-up di lubang ke-15 dan terus memimpin hingga akhir.

"Ini luar biasa, hari ini dia (Koepka) sungguh tidak memberi saya kesempatan tidak seperti kemarin (melawan Noren), maka ini pertarungan ketat melawan orang kuat," kata Li yang sedang mengincar menjadi pegolf China pertama yang mendapat tempat pada Tim Internasional dalam Presidents Cup melawan Tim AS di Melbourne, Australia, Desember mendatang.

Sekarang Li akan menghadapi pegolf Inggris Tom Lewis dalam pertandingan terakhirnya grup, Jumat, di mana hasil tie saja akan menjamin dirinya lolos ke tahap sistem gugur di turnamen golf Match Play berhadiah total 10,25 juta dolar AS itu. Namun jika dia kalah dari Lewis maka dia akan terlempar ke playoff seandainya Noren yang hari ini mengalahkan Lewis 4 dan 2, mengalahkan Koepka untuk kemenangan kedua dia di grup.

"Saya pikir permainan saya dari hari ke hari semakin baik, dan saya hanya ingin bermain dengan penampilan terbaik saya lagi dan lihat apa yang terjadi," kata Li yang sempat mengalami kekecewaan debut di sini tahun lalu dengan mengalami tiga kekalahan, namun sekarang Li sudah mendapat kepercayaan diri di Austin.

"Saya mendapat posisi yang buruk tapi saya tetap tenang, saya melakukan itu dengan baik, kecolongan satu lubang permainan tidak masalah, dan berusaha memperbaiki, ini bukan lapangan golf yang mudah, terutama ketika angin bertiup kencang di sini, pukulan putt saya dari jarak 10 kaki saja hanya menghasilkan par," tambah Li.

Wakil Asia lainnya, dua pegolf Korea Selatan Si Woo Kim dan Byeong Hun An, dikalahkan masing-masing oleh Matt Kuchar dan Louis Oosthuizen, sedangkan pegolf Thailand Kiradech Aphibarnrat meraih kemenangan 2 dan 1 atas pegolf AS Bryson DeChambeau untuk tetap menjaga peluang melaju ke babak berikutnya.

Pegolf Jepang Hideki Matsuyama bermain imbang melawan Chez Reavie ketika teman senegara dia Satoshi Kodaira juga imbang melawan Webb Simpson, dan kedua pegolf Asia itu dipastikan tidak lolos ke babak berikutnya.

Baca juga: Haotong Li satu-satunya wakil Asia menangi putaran pertama Match Play

 

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019