Sydney (ANTARA) - Saham-saham pada Bursa Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa pagi, dengan keuntungan meluas mengimbangi pembalikan saham-saham sektor energi.

Pada pukul 10.40 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 9,70 poin atau 0,16 persen menjadi diperdagangkan di 6.261,10 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 9,10 poin atau 0,14 persen pada 6.357,00 poin.

Saham-saham energi berbalik merosot setelah naik di awal minggu karena kenaikan harga-harga minyak. Di sisi lain sektor perawatan kesehatan setempat paling banyak mencatat kenaikan, diikuti oleh utilitas.

Pada pagi hari, rilis risalah pertemuan bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia (RBA) akan menyampaikan sikap bank sentral, dengan latar belakang spekulasi perubahan suku bunga oleh para analis.

"Nada akomodatif diharapkan, dalam gema dovishness yang diungkapkan oleh bank sentral global sejak awal tahun," kata Analis Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Dolar Australia mungkin rentan mengingat kedekatannya dengan tertinggi dua bulan, tetapi re-iterasi dari sikap RBA dapat melihat sentimen pasar saham berubah positif."  Baca juga: Dolar AS melemah di tengah meningkatnya pound sterling


Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia reli, dengan Commonwealth Bank naik 0,40 persen, Westpac Bank naik 0,31 persen, ANZ naik 0,04 persen dan National Australia Bank naik 0,26 persen.

Saham-saham pertambangan beragam, dengan Rio Tinto naik 1,61 persen, Fortescue Metals naik 0,37 persen, BHP turun 0,41 persen, dan penambang emas Newcrest turun 1,25 persen. Produsen-produsen minyak dan gas merosot, dengan Oil Search turun 0,50 persen, Santos turun 1,55 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,95 persen.  Baca juga: Reli harga minyak terhenti, OPEC dan Rusia bakal tingkatkan produksi


Supermarket terbesar Australia memantul dengan Coles naik tipis 0,08 persen, dan Woolworths naik 0,29 persen. Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,45 persen, maskapai nasional Qantas naik tipis 0,09 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,24 persen. Demikian laporan yang dikutip Xinhua.

Baca juga: Bursa Tokyo dibuka menguat, terkerek saham telekomunikasi

Baca juga: Wall Street berakhir turun, terseret saham sektor keuangan yang jatuh




 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019