Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara menerima rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 45 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat.

Ketua KPU Sultra Laode Abdul Natsir di Kendari, Minggu malam mengatakan, peningkatan jumlah TPS untuk menggelar PSU yang cukup signifikan berdampak pada kendala keterbatasan logistik berupa surat suara.

"PSU 45 TPS sudah berdampak pada kekurangan surat suara. Apalagi waktu yang disiapkan untuk pemungutan suara ulang hanya 10 hari pasca pencoblosan 17 April 2019 atau sampai 27 April 2019.

Kekhawatiran terus bertambahnya rekomendasi PSU yang dikeluarkan oleh Bawaslu semata-mata karena kendala logistik surat suara dan lokasi waktu PSU.

“Penyelenggara tidak mempersalahkan rekomendasi PSU sepanjang memenuhi syarat tetapi diharapkan mempertimbangkan waktu pelaksanaan karena waktunya hanya 10 hari setelah pemungutan suara 17 April 2019,” ujar Laode Natsir.

Ia menjelaskan, pemenuhan kebutuhan logistik seperti surat suara ada mekanisme yang harus ditempuh, yakni diusulkan ke KPU RI kemudian meminta kepada perusahaan percetakan lalu didistribusikan di daerah.

“Secara geografis wilayah kita membutuhkan waktu untuk pergeseran logistik, sehingga patut dipertimbangkan karena berdampak pada pelaksanaan. Jangan sampai waktunya tinggal dua hari keluar rekomendasi PSU tambahan,” katanya.

Beberapa wilayah yang direkomendasikan PSU di antaranya 4 TPS di Kota Kendari, yakni TPS 7 Wundudopi, TPS 20 Kelurahan Rahandouna, TPS 10 Kemaraya dan TPS 1 Watuwatu.

Di Kolaka Timur TPS 2 Aere, Bombana TPS 5 Teppoe dan TPS 3 Lampopala, Konawe Selatan di TPS 5 Ambepua. Kemudian Buton Selatan di TPS 6 Batu Atas Timur dan TPS 1 Palandano Jaya. Kolaka Utara di TPS 3 dan 9 Lasusua. Konawe Utara di TPS 2 Mandiodo. Konawe Kepulauan TPS 1 Tumbu-tumbu Jaya.

Sebanyak 14 TPS Baubau, yakni TPS 1 Batulo, TPS 18 Bukit Wolio Indah, TPS 3 Kadolo Katapi, TPS 8 Sutanayo, TPS 2 Waruruma, TPS 5 Waruruma, TPS 3 Kadolomoko, TPS 2 Wajo, TPS 8 Lamangga, TPS 10 Lamangga, TPS 4 Bungi, TPS 4 Buabula, dan TPS 18 Polipoli.

Pewarta: Sarjono
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019