Jakarta (ANTARA) - Berita-berita terhangat dalam isu ekonomi penting kemarin, mulai dari lima ruas tol baru akan difungsionalkan saat Lebaran hingga tidak akan ada impor beras lagi di 2019. Berikut ini lima berita ekonomi paling penting kemarin yang masih layak disimak.

1. Lima ruas tol baru akan fungsional saat Lebaran 2019

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) direncanakan bakal membuka sebanyak lima ruas jalan tol sebagai jalur fungsional baru untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kelima ruas tol fungsional tersebut adalah tol Pandaan – Malang seksi I-III, tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Medan – Binjai Seksi I, tol Manado – Bitung, tol Balikpapan – Samarinda seksi I – III.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

2. Angkasa Pura tunda pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta

PT Angkasa Pura I menunda pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sedianya akan diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 29 April 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Juru Bicara Proyek Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan bahwa dirinya mendapat informasi penundaan peresmian pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

3. Luhut yakin Indonesia terhindar dari jebakan utang Belt and Road

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku optimis Indonesia bisa terhindar dari apa yang disebut sebagai jebakan utang Belt and Road Initiative (Inisiatif Jalur Sutra).

"Ada yang memperingati debt trap, itu untuk yang skemanya tidak seperti kita. Kita tidak melakukan perjanjian G to G (antarpemerintah), kita gunakan skema B to B(antarbadan usaha). Itu sangat baik untuk mengurangi resiko jebakan ini," katanya.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

4. Bertepatan dengan tarawih pertama, Rini berencana resmikan LinkAja

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan peluncuran dan peresmian aplikasi LinkAja direncanakan akan digelar pada 5 Mei 2019 atau bertepatan dengan salat tarawih pertama sebelum melaksanakan puasa.

Peluncuran secara serentak LinkAja memang sudah ditunda untuk kesekian kalinya. Sebelumnya, seremonial akan digelar bersamaan dengan peringatan HUT Kementerian BUMN pada 13 April lalu, namun saat itu bertepatan dengan Kampanye Akbar pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Kemudian, diundur kembali menjadi 21 April yang akhirnya ditunda sampai pemberitahuan selanjutnya.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

5. Bulog katakan tidak akan ada lagi impor beras tahun ini

Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Budi Waseso mengatakan tidak akan lagi ada impor beras di sisa tahun sepanjang 2019, dan pihaknya sedang berupaya untuk meningkatkan ekspor beras.

Budi, dalam perayaan ulang tahun ke-52 Perum Bulog, di Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu malam, menjanjikan stok dan persediaan beras di dalam negeri akan mencukupi hingga akhir tahun.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019