Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua siap membuka peluang kerja sama sebesar-besarnya dengan Pemerintah Jerman, asalkan memberikan dampak positif bagi masyarakat Bumi Cenderawasih.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Senin, mengatakan, yang terpenting bisa bekerja sama dengan masyarakat yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan potensi yang diinginkan.

"Kami juga telah menyerahkan profil Provinsi Papua dan data-data yang ada agar dapat dipelajari oleh Kedutaan Besar Jerman," katanya.

Menurut Klemen, contohnya terdapat lahan sekitar satu juta lebih hektare di Kabupaten Merauke yang dapat dikelola bersama dan potensi perikanan di Biak yang sangat tinggi, pada intinya kehadiran negara federasi ini harus memberikan dampak kepada masyarakat Papua juga.

"Selain membahas peluang kerja sama, kunjungan Dubes Jerman Peter Schoof di antaranya untuk mengetahui situasi keamanan terkini dan kondisi pelaksanaan pilpres dan pileg yang telah berlangsung di Papua," ujarnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa semua berjalan baik dan Papua itu aman, di mana pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan Dubes Jerman dan rombongan ke Pemerintah Papua.

"Rombongan Kedutaan Besar Jerman mempunyai kesan yang sangat baik dan ingin mengetahui Papua itu seperti apa," katanya.

Wagub menambahkan dalam pertemuan tersebut, pihaknya juga membahas peluang kerja sama terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam di wilayah Papua, misalnya pertanian dan perikanan.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019