Kota Pekanbaru (ANTARA) -
Kanwil Kemenag Riau kini mematangkan berbagai persiapan untuk proses kontrak lelang panitia penyedia konsumsi bagi 5.325 Calon Jamaah Haji (CJH) Riau yang bakal menunaikan rukun Islam ke lima ke Baitullah Mekkah tahun 2019.

"Proses lelang konsumsi bagi 5.325 CJH Riau kini digiatkan pembahasannya termasuk adalah tambahan perjanjian kerjasama (klausul) jika dikhawatirkan mungkin akan terjadi di luar kebiasaan selama ini. Ditargetkan sebulan ke depan proses lelang panitia penyedia konsumsi tersebut sudah bisa dimulai," kata Kabid PHU H Erizon Efendi di Pekanbaru, Selasa (7/5).

Menurut dia, jika ada diantara perusahaan yang mendaftar dalam pengadaan konsumsi CJH itu akan melakukan pembatalan, maka tender akan diulang pada tahap ke II.

Namun jika tender tersebut masih gagal, katanya, maka Kemenag Riau akan melakukan penunjukan atau pengadaan langsung panitia pengelola konsumsi CJH tersebut.

"Konsumsi yang dibahas ini belum termasuk 295 jamaah haji yang masuk dalam kuota tambahan, namun di dalam list pengadaan konsumsi sudah dimasukkan mengingat anggaran untuk kuota tambahan ini belum keluar dari pihak pusat," katanya.

Erizon memastikan proses lelang penyediaan layanan konsumsi ini akan berjalan dalam beberapa tahapan mulai dari pemberitahuan, penawaran, kapasitas, negosiasi, hingga penandatanganan kontrak.

Sebelumnya Kepala Kanwil Kemenag Riau H Mahyudin memaparkan pelayanan ibadah haji merupakan tugas yang berat harus dipikul bersama. Mulai fase keberangkatan hingga fase pemulangan.

"Kegiatan ini sebuah amanat yang diberikan sebagai panitia di Embarkasi Haji Antara Riau sekaligus sebagai titik awal dimulainya operasional embarkasi Haji Antara setelah terbentuknya susunan kepanitiaan ini," katanya.

Mahyudin juga mengingatkan PPIH harus memberikan pelayanan terbaik selama jamaah haji berada di asrama hingga keberangkatan. Panitia diharapkan memberikan pelayanan dengan penuh tanggung jawab serta tidak mengecewakan para jamaah yang merupakan tamu Allah SWT. 

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019