Jayapura (ANTARA) - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengakui, keberadaan enam PPD di Kabupaten Jayawijaya hingga kini menghilang dan belum diketahui keberadaannya.

“Kami sudah meminta bantuan Polres setempat untuk mencari tahu keberadaan mereka,” kata Manoach kepada Antara, di Jayapura, Rabu.

Dia mengatakan, keenam distrik yang PPD-nya menghilang, yakni PPD Maima, Silokarnodogai, Tagime, Walelagama, Wolo dan PPD Yalengga.

Akibat ketidakberadaan keenam PPD menyebabkan pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat KPU Kabupaten Jayawijaya hingga saat ini belum selesai. Bawaslu dan KPU Papua sudah membentuk tim yang diturunkan ke sejumlah kabupaten yang belum selesai melaksanakan pleno tingkat kabupaten, kata Manoach yang mengaku saat ini berada di Wamena bersama komisioner KPU Papua Zandra Mambrasar seraya menambahkan, pihaknya berharap keenam ppd dapat segera ditemukan sehingga rekapitulasi dapat dilanjutkan.

Tim supervisi terpadu Bawaslu dan KPU Papua akan turun ke sejumlah wilayah yang belum selesai rekapitulasi perhitungan suaranya diantaranya Kabupaten Lanny Jaya, Panai, Nabire,dan Tolikara guna mengetahui apa penyebab keterlambatan rekapitulasi.

Memang saat ini sudah ada surat edaran dari KPU RI yang memperpanjang waktu perhitungan suara tingkat kabupaten/kota menjadi tanggal 10 Mei mendatang namun diharapkan pelaksanaan rekapitulasi dapat dilaksanakan secepatnya, kata Ronald Manoach.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019