Jakarta (ANTARA) - Rapat pleno rekapitulasi hasil pemilihan umum tingkat provinsi DKI Jakarta masih ditunda hingga Senin pagi karena menunggu hasil rekapitulasi dari Kota Administratif Jakarta Timur.

"Rekapitulasi tingkat provinsi masih pending, menunggu Jakarta Timur," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, KPU DKI menargetkan menyelesaikan rekapitulasi tingkat provinsi pada Minggu, 12 Mei. Namun karena masih ada daerah di Jakarta Timur yang belum menyelesaikan penghitungan di tingkat kota, pleno akhirnya ditunda hingga Senin, 13 Mei.

Menurut Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana, rekapitulasi wilayah tersebut sudah memasuki tahap penyelesaian untuk tiga kecamatan yang tersisa, yaitu Cakung, Duren Sawit dan Pulo Gadung.

"Sejauh ini sudah tujuh, tinggal tiga lagi. Yang tiga juga sudah tinggal finishing (penyelesaian)," ungkap Wage.

Wage mengungkapkan salah satu alasan mengapa rekapitulasi tingkat Jakarta Timur membutuhkan waktu yang cukup lama adalah karena jumlah penduduk yang dicakup cukup besar, khususnya di Kecamatan Cakung yang memiliki 1.461 tempat pemungutan suara (TPS).

Jakarta Timur merupakan daerah dengan jumlah TPS terbanyak di Provinsi DKI Jakarta dengan 8.234 TPS yang mencakup 2.246.279 daftar pemilih tetap (DPT).

Baca juga: Pelawak dari Aceh kembali terpilih sebagai anggota DPD
Baca juga: KIP: Suara Prabowo di Aceh 2,4 juta, Jokowi 404 ribu
Baca juga: Senin, KPU RI jadwalkan rekapitulasi suara nasional empat provinsi

Pewarta: Sri Muryono dan Prisca Triferna
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019