Medan (ANTARA) - Pemerintah menggelontorkan 29 ton bawang putih impor untuk operasi pasar (OP) di enam pasar tradisional Kota Medan, Sumatera Utara, dengan harga jual Rp30.000 per kilogram, mulai Selasa, 14 Mei 2019

" Sebanyak 29 ton atau satu kontainer itu merupakan bagian dari enam kontainer atau 145 ton bawang putih impor yang sudah masuk ke Sumut melalui Pelabuhan Belawan pada Senin, 13 Mei," ujar Kepala Dinas Peridustrian dan Perdagangan Sumut, Zonny Waldi di Medan, Selasa.

Menurut dia, OP dilakukan di Pasar Simpang Limun, Petisah, Pusat Pasar, Sei Sikambing, Palapa dan Pasar Labuhan Belawan.

Setiap pasar digelontorkan bawang putih untuk 10 pedagang dengan masing -masing sekitar 480 kilogram untuk dibagikan ke pedagang lainnya.

"Bawang putih di enam pasar itu sudah harus Rp30.000 per kg sesuai harga OP," ujarnya.

Di pasar lain, pemerintah juga sedang berupaya menstabilkan harga jual bawang putih tersebut dengan menggelontorkan komoditas itu.

Pasokan itu dilakukan setelah masuknya bawang putih impor dari China sebanyak enam kontainer atau 145 ton.

Apalagi, kata Zonny, setelah enam kontainer itu akan masuk lagi bawang putih ke Sumut.

"Kemendag menyebutkan ada sekitar 20 kontainer bawang putih impor yang akan masuk ke Sumut untuk mengendalikan harga jual yang sempat melonjak atau mencapai sekitar Rp80 ribu per kg," ujar Zonny Waldi.

Ke depan, harga bawang putih diharapkan bisa kembali normal di kisaran Rp40.000 per kg.




 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019